Ketahuan Narsis di Facebook, Lapas Jabar Razia Ponsel Narapidana

KARAWANG , KarawangNews.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jawa Barat menggelar sidak ke Lapas Kelas II A Karawang. Jumat (2/5/2014) pukul 20.30 WIB, setelah mendapat laporan di dalam sel tahanan tersebut banyak napi yang memegang ponsel. Hasil sidak itu, petugas merazia puluhan ponsel, gergaji besi bahkan sejumlah sex toys. Sidak ini menyusul pasca ditemukannya foto narsis sejumlah napi di jejaring sosial Facebook.

Di sela sidak itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Barat, Ibnu mengatakan, selama tiga jam petugas dari Kanwil Pemasyarakatan Jawa Barat beserta Lapas Karawang melakukan penggeledahan napi di dalam sel tahanan. Setelah mendapatan sejumlah barang tersebut, petugas langsung menghancurkannya dengan menggunakan palu.

“Hasilnya cukup menggetkan, kami mendapatkan 62 telepon genggam yang ditemukan di dua blok. Tak hanya itu, kami juga menemukan gergaji besi juga alat bantu sex,” kata Ibnu.

Terkait lemahnya pengawasan di Lapas Kelas II A Karawang, Ibnu enggan berkomentar, tetapi dari hasil temuan ini, dia berharap pihak Lapas Kelas II A Karawang bisa lebih meningkatkan pengawasan.

“Banyak cara telepon genggam ini bisa masuk ke dalam sel. Bisa melalui besukan, diselipkan di dalam makanan, juga bisa dilempar dari luar,” katanya.

Sidak tersebut, lanjut dia, merupakan instruksi langsung dari Wamenkumham, Denny Indrayana. Kata dia, pasca hebohnya foto-foto narsis sejumlah napi di jejaring sosial Facebook, dirinya langsung menginstruksikan Korwil lembaga pemasyarakatan Jabar untuk melakukan sidak ke Lapas Kelas II A Karawang.

Di tempat terpisah, Kepala Lapas Kelas II A Karawang, Abdul Haris mengakui masih minimnya pengawasan yang dilakukan pihaknya. Hal tersebut, kata dia, lantaran tidak idealnya antara jumlah petugas dengan warga binaan yang menghuni Lapas tersebut.

“Saat ini jumlah warga binaan penghuni Lapas ini ada sekitar 900 orang. Tapi meski demikian, kami tetap melakukan monitoring dan pengawasan ke setiap sel dan penghuni Lapas,” ujarnya.

 Sebelumnya diberitakan, sejumlah penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Karawang, ditengarai bebas membawa peralatan elektronik serta alat komunikasi berupa tablet dan ponsel. Terbukti, beberapa warga binaan di Lapas tersebut dengan bebasnya memainkan akun Facebook-nya berikut men-tag foto-fotonya ke jejaring sosial itu.

Mencuatnya temuan ini berawal dari ketidaksengajaan seorang warga yang melihat foto-foto sejumlah orang berpose di dalam sebuah kamar sel tahanan. Dalam foto itu, terlihat enam pria bertubuh kekar dan bertato tengah duduk menghadap kamera dengan latar belakang jeruji besi.

“Akun itu saya temukan sekitar tiga hari lalu. Begitupun dengan foto tersebut, tanggal diunggahnya tertera 27 April 2014. Seperti masyarakat pada umumnya, sejumlah napi ini terlihat bebas berpose dan berganti-ganti foto. Mereka seperti yang ingin memperlihatkan kepada publik, meski berada di dalam tahanan tapi masih bebas menggunakan alat komunikasi,” ujar warga tersebut yang namanya enggan dipublikasikan. (ken)

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -