Kementerian Perhubungan Siapkan Jalur Mudik Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com - Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) se-Jawa Barat berkumpul di  Karawang, Jumat (16/5/2015) lalu,  dalam rangka membahas persiapan arus mudik lebaran tahun 2014.

Pertemuan itu  merupakan undangan dari Dirjen Perhubungan Darat dan Korlantas Mabes Polri untuk mengantisipasi kendala pelaksanaan arus mudik lebaran tahun ini. Rapat koordinasi tersebut lebih mengedepankan pembahasan soal manajemen angkutan lebaran.

Menurut Kadishubkominfo Kabupaten Karawang, Setyadarma, rapat kordinasi dipimpin langsung Dirjen Perhubungan Darat, Suroyo di hadapan para kadishub se-Jawa Barat untuk melakukan evaluasi terhadap kondisi masing-masing wilayah di Jabar menghadapi arus mudik lebaran.

"Semua pelaksanaan mudik di Jabar tahun lalu sekarang dievaluasi, yang kurangnya kita sempurnakan. Diharapkan pelaksanaan mudik tahun ini bisa dilaksanakan lebih bagi dibanding tahun lalu," kata di, saat ditemui Senin (19/5/2014).

Untuk Kabupaten Karawang, kata Setyadarma, pembahasan yang cukup memakan waktu yaitu pada antisipasi kemacetan di wilayah Jomin dan Cikalong. Sedangkan Kementrian Perhubungan meminta agar Kabupaten Karawang bisa memberikan solusi mengurai kemacetan yang kerap terjadi saat arus mudik lebaran.

"Kita sedang mencari jalan alternatif yang baru agar bisa mengurangi kemacetan di Jomin dan Cikalong, dua daerah ini memang paling parah kemacetannya," ucapnya.

Menurut Setyadarma, hal lain yang dibahas yaitu kondisi jalan yang rusak agar segera diperbaiki. Sedangkan pihak Kementrian Perhubungan berharap agar H-10 jalan sudah siap dilalui pemudik. Dengan begitu, Setya optimis, Pemkab Karawang dapat memperbaiki jalan sebelum waktu arus mudik datang.

"H-10 karawang pasti sudah bisa menyelesaikan perbaikan jalan," imbuhnya.

Lebih lanjut Setya mengatakan, selain masalah perbaikan jalan, Karawang juga akan mendirikan Poskotis setiap 200 meter sepanjang jalur mudik di Karawang. Nantinya setiap Poskotis akan diisi sejumlah petugas Dishub dan anggota Polres untuk membantu pemudik jika mengalami masalah di jalan.

"Poskotis ini juga bertugas menertibkan pasar tumpah yang mengganggu arus mudik, dengan adanya Poskotis di pasar tumpah kita bisa lebih efektif mengawasi jalur mudik ini," katanya. (*)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -