Ikan Hias Juga Bisa Mencegah Wabah DBD

KARAWANG, KarawangNews.com – Ikan hias tak hanya indah di aquarium, tetapi bisa disimpan di bak mandi sebagai pemangsa jentik nyamuk. Setidaknya, setiap bak mandi berukuran 1x1 meter bisa disimpan 1 ekor ikan hias.

“Biarkan saja jangan diberi makan, ikan hias ini akan memakan jentik dan telur nyamuk,” kata Kepala UPTD Perikanan dan Kelautan Wilayah Tirtajay, Admin, S.Pkp, Jumat (30/5/2014) siang.

Kata dia, selain di bak mandi, ikan hias juga harusnya disimpan di semua tempat penampung air yang terbuka, termasuk toren yang terbuka, karena nyamuk mudah masuk ke toren meski hanya berlubang kecil.

“Dengan bentuk ikan hias yang kecil ini tidak akan menyulitkan jika kita mandi, “ jelasnya.

Semua ikan hias cocok sebagai pemangsa jentik nyamuk, termasuk kutu air, tetapi ikan yang biasanya tahan terhadap cuaca yaitu ikan cupang dan roket berwarna merah.

“Semua ikan hias cocok jika disimpan di bak mandi, mereka akan menghabisi segala jenis jentik nyamuk, apalagi nyamuk Aides Aigipty suka berkembang biak di air jernih, nyamuk ini tidak akan berkembang biak di tempat kotor seperti selokan,” ungkapnya.

Diakuinya, di Kabupaten Karawang ini budidaya ikan hias sudah mulai menggeliat, usaha tempat penangkaran ikan hias ini sudah mulai berkembang.

“Ikan hias ini diminati karena hobi, beda dengan ikan konsumsi, tetapi setidaknya ikan hias ini punya manfaat yang lebih selain sebagai ikan aquarium,” kata Admin. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -