Disdikpora Distribusikan Soal UN SMP

KARAWANG, KarawangNews.com - Minggu (4/5/2014) pagi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang mendistribusikan naskah soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs dan Paket B ke 6 sub rayon SMP, 6 sub rayon MTs dan 5 sub rayon Paket B. Soal itu diterima lengkap Disdikpora pada Sabtu (3/5/2014) pagi sesuai dengan kebutuhan, penyerahan soal itu mendapat pengawalan ketat dari Polda Jawa Barat.

Kepala Disdikpora Karawang, Drs. H. Agus Supriatman M.Pd menyebutkan, tahun ini peserta UN SMP sebanyak 28.820 siswa, sedangkan MTs sebanyak 5.162 siswa dan peserta UN Paket B sebanyak 2.026 siswa yang dilaksanakan 5-8 Mei 2014.

“Paket soal ini diambil oleh masing-masing sekolah setiap hari dari sub rayon, sesuai mata pelajaran yang diujiankan, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika,” ucapnya.

Sementara itu, pada pendistribusian dari rayon ke sub rayon pun mendapat penjagaan ketat panitia rayon dan kepolisian setempat. Pada Sabtu kemarin, soal ujian itu disimpan di Aula Disdikpora, pintunya ditralis dan digembok dengan penjagaan polisi.

Kata Agus, UN ini untuk menilai pencapai standar kompetensi secara nasional pada mata pelajaran tertentu, manfaatnya adalah untuk dijadikan pemetaan mutu pendidikan, kemudian sebagai seleksi masuk pada jenjang pendidikan selanjutnya, juga penentuan kelulusan peserta didik dan perencanaan pembinaan kepada satuan pendikan, ini dalam upaya peningkatan mutu pendidkan selanjutnya.

“Mohon supaya UN ini berjalan aman, lancer, terkendali dan sangat diharapkan sesuai  dengan target, yaitu lulusan Kabupaten Karawang bisa lulus 100 persen tanpa rekayasa, karena selama ini sekolah sudah mempersiapkan pengayaan ‘trial out’ dan remedial sebelum UN,” jelasnya.

Selain itu, dia menghimbau semua peserta UN agar tidak melakukan corat-coret baju sekolah di akhir UN, juga dilarang merayakan kelulusan dengan ugal-ugalan di jalan. Agus juga meminta masyarakat mengawasi pasca UN setelah tanggal 9 Mei ini, supaya tidak ada ‘uforia’ berlebihan dari siswa, apalagi sampai terjadi tawuran.

“Pengumuman kelulusan tanggal 14 Mei, sesuai dengan intruksi Kapolres Karawang mengajak semua komponen agar tidak terjadi tawuran pelajar. Diharap masyarakat juga mengawasi siswanya, karena pendidikan ini tanggung jawab semua masyarakat,” jelas Agus. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -