Supaya Jalan Tidak Macet, Angkot Harus Disubsidi Pemda

Jalan di Cikampek macet akibat angkot betumpuk mangkal.
KARAWANG, KarawangNews.com - Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karawang Setya Dharma menyatakan, untuk mengurai kemacetan jalan akibat angkutan umum, maka Pemkab Karawang perlu mensubsidi pengusaha angkutan umum, supaya sopir di jalan tidak rebutan penumpang.

Kata dia, kemacetan pun terjadi akibat angkutan umum mangkal hingga satu jam, mereka tidak akan beranjak sebelum mobilnya dipenuhi penumpang, tentu ini menjadi penyebab macet total, seperti angkuta umum warna biru yang mangkal di depan Terminal Klari, juga di Pasar Johar, Pasar Rengasdengklok, Pasar Cikampek termasuk saat pulang sekolah di depan SMAN 1 Karawang.

Akibat angkutan umum yang mangkal itu, kemacetan mengular hingga 1 km lebih dan ini sangat mengganggu pengguna jalan lain. Itu semua dilakukan sopir angkutan umum untuk memenuhi setoran, sehingga berbagai cara mereka lakukan, meski tidak mengindahkan peraturan lalu lintas.

“Maka perlu dibuatkan sebuah kebijakan untuk mensubsidi para pengusaha angkot, agar mereka tidak lagi mengejar setoran,” kata Setya Dharma, Jumat (4/4/2014).

Diakuinya, di kota-kota besar setiap 10 menit angkutan umum yang mangkal langsung berangkat ke tempat tujuan, meski penumpangnya masih sedikit, karena pengusaha angkutan umumnya disubsidi pemerintah. Jadi tidak macet gara-gara angkutan umum berlama-lama mangkal di jalan raya.

Kata Setya Dharman, langkah kebijakan ini tidak akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karawang, jika saja wacana tersebut jadi direalisasikan.

“Tidak akan membekok, saya sudah pernah hitung, nanti tinggal kita kerjasama dengan organdanya saja. Asal tegas, begitu sudah disubsidi, angkot tidak boleh ada yang mangkal lebih dari 10 menit lebih,” kata dia. (g/spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -