Siswa Putus Sekolah Harus Diberi Bekal Keahlian

BEKASI, KarawangNews.com - Masyarakat Kabupaten Bekasi menyambut positif rencana Pemkab Bekasi yang akan menambah jumlah SMA dan SMK gratis, maka jumlah siwa ‘drop out’ sekolah dari SMP ke SMA/SMK bisa terus ditekan.

Namun begitu, jumlah siswa SMP yang terlanjur tidak bisa melanjutkan ke sekolah menengah atau siswa SMP/SMK harus mendapatkan perhatian supaya bisa mendapatkan peluang kerja. Diantaranya dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengikuti pelatihan keterampilan melalui Balai Latihan Kerja (BLK).

"Jadi jangan siswa yang tamat SMA/SMK saja yang diprioritaskan ikut pendidikan ketrampilan di BLK, yang ‘drop out’ juga harus mendapat kesempatan," ungkap seorang tokoh masyarakat di Kecamatan Tarumajaya, H. Muharom.

Kata dia, Dinas Tenaga Kerja Bekasi harus memberi perhatian serius kepada siswa ‘drop out’ sekolah, agar mereka juga bisa diakses mengikuti pendidikan dan latihan BLK.

Caranya, lanjut Muharom, Dinas Tenaga Kerja harus melakukan kerjasama dengan perusahaan agar para siswa yang putus sekolah itu bisa mengikuti diklat BLK, kemudian diberikan sertifikat diklat. Sehingga, saat mereka melamar kerja, sertifikat diklat itulah yang menjadi acuannya, bukan ijazah,  karena mereka memang tidak memilikinya.

Menurut Muharom, yang penting adalah membangun komitmen bersama antara pihak perusahaan dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi untuk sama-sama memberikan diklat kepada mereka yang putus sekolah.

Diperirakan jumlah siswa yang ‘drop out’ sekolah setiap tahunnya terus bertambah, khususnya dari SMP ke SMA, karena Pemkab Bekasi baru menggratiskan biaya pendidikan pada empat SMA negeri dan tiga SMK negeri.

“Saya harap Pemkab Bekasi melalui Dinas Tenaga Kerja memberikan pendidikan dan latihan juga kepada siswa putus sekolah, supaya tidak menambah jumlah pengangguran,” jelasnya. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -