KPU Subang Akui Lengah soal Surat Suara Tertukar

SUBANG, KarawangNews.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang, Maman Suparman mengakui kesalahan tertukarnya distribusi lembar surat suara Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April 2014 lalu, karena kelengahan pihaknya. Ia menegaskan, tertukarnya surat suara itu bukan disengaja, tetapi di luar prediksi KPU.

"Ini kelengahan kita yang tidak sengaja, artinya kita sudah melaksanakan tugas sesuai Standard Operational Procedur (SOP) dan kejadian ini di luar dugaan kita," kata Maman, Senin (14/4/2014).

Selain tertukarnya surat suara itu, yang menjadi catatan KPU dalam pelaksanaan Pileg kemarin adalah soal kurangnya lembar formulir C1. Untuk ini, KPU berkelit itu bukan kesalahan KPU Subang, melainkan KPU Pusat.

"KPU Pusat tidak bisa memenuhi logistik sesuai dengan tahapan dan jumlah. Sehingga, pada H-1 seharusnya tidak lagi bicara logistik termasuk model C1 plano, tapi faktanyaa masih ada kekurangan dan itu semua disiapkan KPU Pusat, kita hanya pelaksana saja," jelasnya

Dengan kejadian ini, sejumlah caleg dan partai politik menyesalkan hal itu terjadi, mereka berencana akan lakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan melaporkan ke DKPP.

Menanggapi hal itu, Maman mengaku tidak gentar, sebagai pelaksana Pemilu, pihaknya memahami konsekwensi yang bakal dihadapinya.

"Silakan saja diproses, kalau ada yang kecewa dan perlu klarifikasi, akan saya menghadapi, segala sesuatu itu ada resikonya, resiko hukum dan lainnya," tandasnya. [tinjau]
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -