Kejari Tunggu Kesimpulan Dugaan Korupsi Bansos

KARAWANG, KarawangNews.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang masih menunggu kesimpulan hasil pemeriksaan dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos), dari hasil kesimpulan pemeriksaan itu Kejari baru akan melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap pihak terkait dengan penyaluran dana Bansos.

"Karena jumlah penerimanya begitu banyak makanya kita masih membutuhkan waktu agar semuanya menjadi jelas," Kata Kepala Seksi Pidana Khusus, Diana Wahyudianti, kepada wartawan, Rabu (23/4/2014).

Menurut Diana, proses pemeriksaan terhadap penerima dana Bansos sudah hampir rampung dan pihaknya masih menunggu kesimpulan dari tim pemeriksa. Bahkan, Kejari saat ini tengah mendalami dugaan keterlibatan sejumlah anggota dewan yang menyalahgunakan dana Bansos aspirasi dewan.

"Kami masih mencari alat bukti pendukung untuk menindak lanjuti dugaan tersebut," tandasnya.

Selain dana Bansos dewan, Kejari juga tengah mendalami dana aspirasi dewan yang diduga juga terjadi penyelewengan. Hanya saja pihak Kejari mengaku belum bisa menyimpulkan ada atau tidaknya perbuatan pidana korupsi.

"Sabar saja dulu menunggu hasil pemeriksaan," katanya, kepada wartawan.

Kata Diana, kasus Bansos cukup memakan waktu, karena akan ada sekitar seratus orang lebih penerima Bansos yang harus diperiksa, ditambah sejumlah pejabat eksekutif dan juga legislatif yang harus ikut diperiksa. Semua itu, kata Diana, memakan waktu cukup lama dan tenaga untuk memeriksanya.

"Apalagi jaksa penyidik juga kan banyak yang pindah jadi kendalanya juga ada di situ," ucapnya.

Sementara, terkait kasus dugaan korupsi dana Bansos ini, Kejari sudah melakukan pemeriksaan terhadap sekitar 60 kelompok penerima Bansos. Selain itu, belasan anggota DPRD Karawang juga turut diperiksa kejaksaan. Diakui Diana, para penerima mengajukan bantuan dana Bansos ke Pemkab Karawang melalui anggota DPRD setempat.

"Kita juga sudah memanggil beberapa anggota DPRD untuk dimintai keterangan mengenai program dana Bansos itu," imbuhnya.

Selain eksekutif dan legislatif, Kejadi pun masih melakukan pemeriksaan pejabat kelurahan dan desa yang menyetujui diajukannya proposal dana Bansos oleh kelompok usaha tertentu dan Kejari mempunyai data kelompok usaha yang menerima dana Bansos selama tahun 2011-2012, mereka satu per satu sudah diminta keterangannya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -