Karawang Waspada Cuaca Ekstrim

KARAWANG, KarawangNews.com - Awan hitam kelam terlihat  menyelimuti langit Stadion Singaperbangsa Karawang, di ajang laga sepak bola Persita vs Barito Putra, Jumat (18/4/2014) sore. Selama sepekan ini, cuaca ekstrim masih menghantui daerah Karawang dan sekitarnya, bahkan sejumlah lahan pertanian dan rumah rusak diterjang angin ribut.

Sementara itu, hasil pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, di pertengahan April 2014 ini pusat tekanan rendah di Samudra Hindia sebelah Selatan Bengkulu (1008 hPa) dan di Samudera Pasifik sebelah Timur Philipina (1004 hPa) serta terdapat Siklon Tropis ‘ITA’ (994 hPa) di perairan sebelah Timur Australia.

Kondisi ini memberikan dampak pada terbentuknya pola pertemuan angin di wilayah Sumatera bagian Tengah dan Selatan, perairan Sumatera bagian Barat, Laut Jawa, Kalimantan bagian Utara, Sulawesi bagian Tengah hingga Papua bagian Utara. Suhu Muka Laut di sebagian besar wilayah perairan Indonesia umumnya berkisar antara 26.0 – 31.5 C dengan Suhu Muka Laut tertinggi terjadi di wilayah perairan sebelah Selatan NTB hingga NTT, Laut Timor bagian Selatan dan Samudera pasifik Timur Papua dengan kisaran 29-31.5 C.

Sementara itu, angin di wilayah Indonesia sebelah Utara ekuator umumnya bertiup dari arah Barat Laut – Timur Laut. Sedangkan di sebelah Selatan ekuator angin umumnya bertiup dari arah Selatan – Barat Laut. Kecepatan angin umumnya berkisar antara 05 – 37 km/jam dengan kecepatan angin tertinggi terjadi di sekitar Perairan Barat Sumatera bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa hingga NTT Samudera Pasifik Utara Maluku dan Papua, Laut Arafuru dan Laut Timor bagian Selatan.

Dengan demikian, hujan dengan intensitas sedang – lebat berpotensi terjadi di wilayah Pesisir barat Sumatera bagian Selatan, Sumatera bagian Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Timur bagian Utara, Sulawesi bagian Tengah, Maluku bagian Tenggara, Papua bagian Tengah dan Selatan, Jawa bagian Barat dan Tengah.

Cuca di Jakarta pada tanggal 17-20 April 2014 ini umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan - sedang terutama antara siang/sore dan malam hari. Hal serupa terjadi di Bekasi dan Karawang, umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan – sedang terutama antara siang/sore dan malam hari.

Namun begitu, masyarakat harap waspada pada hujan deras disertai kilat/petir dan angin kencang, yaitu sekitar tanggal 15 - 21 April 2014 meliputi daerah Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung bagian Barat, Jawa Barat bagian Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Papua bagian Tengah dan Selatan. (spn)
 


Foto: Adit.
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -