Bupati Komitmen Jaga Lahan Sawah

KARAWANG, KarawangNews.com - Kabupaten Karawang saat ini mempunyai luas lahan 175.327 ha dengan rincian, lahan sawah seluas 97.529 hektar, lahan kering seluas 77.798 hektar, sumber daya pertanian ini mempunyai peranan penting dalam memproduksi bahan pangan utama yaitu beras. Pada tahun 2013 lalu, capaian produksi padi Kabupaten Karawang sebesar 1.507.002 ton gkp melebihi target rencana pencapaian produksi tahun 2014 yaitu sebesar 1.435.012 ton gkp atau setara dengan 774.461 ton beras.

Demikian dijelaskan Bupati Karawang, Drs. H. Ade Swara saat panen raya di lokasi Kelompok Tani Sri Mulya II, Desa Tegalsari, Kecamatan Cilamaya Wetan, Rabu (2/4/2014). Kata bupati, peranan sektor pertanian bukan saja memberikan andil terhadap ketahanan pangan, juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap  perkembangan perekonomian secara menyeluruh, yaitu menyangkut pendapatan petani itu sendiri, pendapatan daerah maupun penyerapan tenaga kerja.

Menurut bupati, seiring meningkatnya jumlah penduduk dan aktivitas pembangunan, kebutuhan lahan akan meningkat dengan pesat, sedangkan ketersediaan lahan tidak berubah, sehingga peningkatan kebutuhan lahan untuk suatu kegiatan sudah tentu akan mengurangi ketersediaan lahan untuk kegiatan lainnya, yaitu kebutuhan lahan untuk perumahan, jasa, industri dan fasilitas umum. Kondisi tersebut ditunjang oleh beberapa ancaman terhadap lahan pertanian, seperti kebutuhan ekonomi dan tergiur akan harga lahan yang tinggi, serta berkurangnya minat generasi muda untuk bekerja dan berusaha disektor pertanian.

“Berbagai kendala tersebut di atas harus kita pikirkan secara bijaksana. Untuk itu, mari kita optimalkan sumber daya yang ada untuk bisa mempertahankan Karawang sebagai lumbung padi,” ucapnya.

Ditegaskan bupati, untuk mempertahankan daerah lumbung padi ini perlu beberapa upaya, diantaranya upaya perluasan lahan pertanian (ektensifikasi) yang memang rasanya sulit dilakukan, maka yang bisa diupayakan adalah meningkatkan produksi persatuan luas lahan (intensifikasi) dan ‘show window’ pertanian yang ramah lingkungan.

“Hasil panen merupakan salah satu jawaban dari intensifikasi tersebut, sehingga kedepan kita dapat mempertahankan target produksi padi di Kabupaten Karawang,” ucapnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -