LPP Karawang Naik, BKBPP Evaluasi Ulang Kinerja

KARAWANG, KarawangNews.com – Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) Kabupaten Karawang tahun 2013 mencapai 3,8 persen atau jumlah penduduknya mencapai 2.223.785 jiwa, jumlah itu melebihi LPP nasional. Demikian kata Bupati Karawang, Drs. H. Ade Swara pada kesempatan bicara di acara Rapat Kerja Daerah (Raperda) bersama Badan Keluarga Berencana dan Pemeberdayaan Perempuan (BKBPP) kabupaten, Kamis (27/3/2014) diAula Husni Hamid, Kantor Bupati Karawang.

Dengan begitu, lanjut bupati, Rakerda ini bisa menjadi moment penting dalam merevitalisasi pelaksanaan program kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Karawang, juga momentum untuk evaluasi apa saja program KB dan Pemberdayaan Perempuan (PP) yang sudah sedang dan akan dilaksanakan.

“Hal yang patut kita antisipasi dalam pelaksanaan Program KB di Kabupaten Karawang adalah, seiring dengan semakin pesatnya pembangunan bidang industri di Kabupaten Karawang. Ini  telah menjadi daya tarik bagi masyarakat dari luar kabupaten untuk datang ke Karawang sebagai pencari kerja, yang tentunya hal ini berdampak terhadap LPP di Karawang,” jelas bupati.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, program ini tentunya bukan hanya tanggung jawab lembaga yang berkompeten, tetapi diperlukan sinergitas peran dan fungsi berbagai institusi yang peduli serta berkepentingan terhadap program KB dan PP. Dengan begitu, permasalahan kependudukan, keluarga berencana dan pemberdayaan perempuan bukanlah semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, melainkan diperlukan peran serta dari komponen masyarakat lainnya

“Meski demikian, sebagai pihak yang diberikan amanah oleh masyarakat, pemerintah daerah khususnya seluruh jajaran BKBPP Karawang harus dapat memanfaatkan forum Rakerda ini sebagai wahana untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas program secara lintas sektoral dalam upaya pencapaian berbagai sasaran pembangunan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BKBPP Kabupaten Karawang dr.Yuska Yasin, MM menyatakan, Program KBPP ini merupakan tahapan mengawali kegiatan KKBPK tahun 2014, ini perlu dilakukan evaluasi lagi terhadap capaian tahun 2013, agar bisa mengukur kinerja satu tahun, kemudian bisa menemukan solusi dari kendala yang dihadapi, serta merumuskan strategi inovatif dan efektif sehingga program bisa terarah dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang berkualitas sesuai UU No. 52 Tahun 2009.

“Kita punya tema, “Pemantapan dan Pelaksanaan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga Tahun 2014 menuju pencapaian RPJMN 2010-2014  dan MDGs 2015”, tema tersebut perlu disinergiskan kerjasama antara BKBPP, Dinkes, BPJS, serta mitra lainnya yang peduli dengan program KB dan kependudukan,” kata dr. Yuska. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -