Jelang UN, Siswa SMAN Pedes 1 Masih Sibuk Ekskul

KARAWANG, KarawangNews.com - Matahari sudah di atas ubun kepala, saat belasan siswa kelas 1 SMAN Pedes tengah mempraktekan keterampilan pramuka di halaman depan sekolah, Sabtu (29/3/2014).  Siswa yang belajar ekskul itu sedang mengikuti ekskul untuk mengasah kepiawaian serta kemampuan dalam berorganisasi Pramuka.

Dari kejauhan, semua siswa yang berbaris membentuk dua jajaran tersebut nampak antusias mengikuti irama yang sedang dipadu seorang instruktur, yaitu Ketua Pramuka SMAN Pedes, Ahmad Juhari (17). 

Kata Ahmad, anak-anak yang sedang dilatihnya perlu mempertajam teknik tari semapur yang akan biasa digunakan pada kegiatan kepramukaan sebagai sandi informasi jarak jauh. Jurus ini adalah cara pramuka saling melakukan kordinasi atau komunikasi melalui pola kode gerak melalui sejumlah sandi tari.

"Ini melatih komunikasi anggota Pramuka," balas Ahmad, menjawab wawancara.

Tidak jauh dari aktivitas kelompok regu pramuka kelas 1 SMAN Pedes yang diawasi Ahmad, tidak mau ketinggalan ada tiga baris siswa dari kelompok lain yang berbarengan melakukan kegiatan ekskul paskibra sekolah. Mereka mengenakan seragam putih hitam, kelompok siswa ini pun tak kalah serius sedang melatih kemampuan teknik baris berbarisnya.

Siswa-siswi ini pun nampak sibuk berlatih di bawah pengawasan seorang pelatih baris-berbaris. Di halaman sekolah kurang lebih seluas 1000 meter itu, aktivitas siswa yang baru saja menyelesaikan ujian akhir sekolah tahun ajaran genap ini, juga diikuti berbagai progam belajar lainnya.

"Yang itu anak-anak Paskibra, kalau mereka latihan memang kadang-kadang suka berbarengan waktunya dengan anak kelompok pramuka," timpal Ahmad, ketika menoleh ke arah yang ditunjuk wartawan.

Di ruang guru, sejumlah staf pengajar nampak melotot memperhatikan aktivitas belajar siswanya. Sesekali para guru juga mengarahkan siswa dengan memberi pembinaan. Sedangkan guru lainnya yang duduk lebih dalam di ruangan kantor lebih  mengurusi administrasi buku dan surat surat lainnya yang diperlukan sekolah.

"Hari ini memang fokus sama kegiatan ekskul. Kalau di dalam sekolah, seperti bapak lihat, siswa kami lainnya juga membuka perlombaan basket, atau ada yang mengikuti praktek pembelajaran IT," jelas Ketua Komite SMAN Pedes Iyan Juansah, ketika berbincang di muka kantor guru.

Ditanya soal kesiapan akademik siswa peserta UN, seorang staf pengajar sekolah ini, Dodo Anwar  menuturkan, hasil ‘try out’ siswanya yang tercatat mengikuti tes di provinsi sebanyak 487 siswa, semuanya menunjukan evaluasi yang memuaskan dengan predikat lulus seluruhnya.

"Itu modal penting untuk memotivasi siswa kami menghadapi UN nanti, termasuk sekolah pun optimis bisa mencetak prestasi membanggakan pada UN 2014 mendatang," jelas Dodo. (ari)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -