12 Parpol Deklarasi Damai Pemilu 2014

KARAWANG, KarawangNews.com - Mengawali kampanye terbuka Pemilihan Legislatif (Pileg) tanggal 16 Maret - 5 April 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menggelar karnaval Pemilu, Sabtu (15/3/2014). Rute karnaval ini yaitu start dilepas Bupati Karawang di halaman Stadion Singaperbangsa, kemudian konvoi mengintari Jalan Tuparev, Kertabumi, Arif Rahman Hakim dan finish kembali ke stadion.

Sebelum konvoi karnaval, para ketua parpol menandatangani kampanye damai dan surat deklarasi damai ini dibacakan Ketua DPC Demokrat juga Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, pada deklarasi itu dibacakan akan saling menghormati masing-masing calon dan tim sukses pemilu 2014, kemudian dalam melaksanakan kampanye dan kegiatan pemilu tahun 2014 sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, peserta Pemilu ini menyatakan tunduk dan taat kepada peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan kampanye dan kegiatan pemilu tahun 2014 serta akan bekerja sama dengan penyelenggara pemilu untuk mewujudkan pemilu damai dan berkualitas, yaitu bersih, kekeluargaan, aman terkendali, tertib, amanah dan santun.

Selama kampanye, semua parpol sepakat tidak melakukan 'money politic' kepada pemilih dan pihak-pihak lain serta penyelenggara pemilu tahun 2014 dalam bentuk apapun. Parpol dan caleg juga menyatakan siap kalah dan siap menang dalam pemilu 2014 melalui proses pemilihan yang demokratis. Juga menghormati proses pemungutan dan perhitungan suara yang dilakukan oleh penyelenggara pemilihan umum tahun 2014.

Kemudian, dalam surat deklarasi itu pun dibacakan, menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan jalan musyawarah mufakat dan atau proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku serta menghindari segala bentuk kekerasan, intimidasi dan provokasi kepada massa pendukung. Serta, menyampaikan isi deklarsi ini kepada seluruh pendukung masing-masing calon legislatif dan tim sukses pemilu 2014, seluruh masyarakat kabupaten Karawang untuk dipatuhi dan dilaksanakan.

Setelah deklarasi ini dibacakan, peserta Pemilu 2014 beserta caleg dan kadernya memadati ruas jalan Karawang kota, beberapa parpol menghiasi kendaraan mereka dengan lambang partai. Selama karnaval berlangsung, jalan raya yang dilalui menjadi macet, tetapi karnaval ini berlangsung aman hingga usai. (spn)



Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -