Pasca Banjir, Bupati Tinjau Bendung Barugbug

KARAWANG, KarawangNews.com - Bupati Karawang H. Ade Swara bersama Ketua DPRD H. Tono Bachtiar dan sejumlah pejabat pemerintah daerah meninjau Bendung Barugbug di Kecamatan Jatisari, Rabu (29/1/2014) sore. Bupati pun menyalurkan bantuan logistik yang dia terima dari Sinarmas dan KIIC kepada warga setempat yang diterjang banjir Selasa (28/1/2014) akibat luapan air di bendungan ini.

Pada Selasa pukul 15.00 WIB, ratusan warga di Desa Barugbug juga Desa Situdam dikagetkan air bah yang deras akibat luapan sungai di Bendung Barugbug. Luapan itu membanjiri pemukiman setempat dengan ketinggian air hingga sedada orang dewasa, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, mengingat air tersebut sangat deras dan menerjang sejumlah rumah semi permanen hingga hancur.

Mengetahui bencana itu, warga setempat beramai-ramai membuka pintu air agar bisa mengalir ke Sungai Cilamaya, agar air tidak tertahan di Bendung Barugbug dan limpas ke pemukiman mereka. Akibatnya, Cilamaya kebanjiran karena Sungai Cilamaya ‘over load’ menerima kiriman air dari Bendung Barugbung.

Diketahui, Bendung Barugbung menerima air dari wilayah Purwakarta dan membagi aliran tersebut menjadi dua, yaitu ke Sungai Ciherang dan Sungai Cilamaya. Selain itu, bendungan yang dibangun pada tahun 1949 tersebut berfungsi mengairi aliran irigasi hingga ke wilayah hilir Çilamaya.

Bendung Barugbug memiliki batas normal debit air hingga mencapai 700 m3 per detik dan saat limpas Selasa sore, debit air mencapai 1.068 m3 per detik. Selain Ketua DPRD, pada kunjungan ini bupati didampingi Kepala Dinas Binamarga Drs. H. Acep Jamhuri, Kepala Dinas Cipta Karya Drs. Dedi Achdiyat dan pejabat dari BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai).

Usai meninjau Bendung Barugbung, bupati dan Ketua DPRD meluncur ke Cilamaya, meninjau kondisi banjir akibat luapan air dari Bendung Barugbug. Banjir di Cilamaya ini pun hampir merendam rumah kediaman bupati di Cilamaya Wetan. (spn)

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -