Disdikpora Cetak Figur Pengawas dan Penilik Berkualitas

KARAWANG, KarawangNews.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang berusaha membangun figur pengawas dan penilik yang berkualitas. Jangan sampai pengawas dan penilik tidak diharapkan kehadirannya oleh sekolah. Selasa (28/1/2014) siang, Disdikpora Karawang menggelar sosialisasi optimalisasi pengawas dan penilik di Aula Husni Hamid, Pemda Karawang.

Kepala Disdikpora Karawang, Drs. Agus Supriatna menyatakan, pengawas dan penilik belum optimal, makanya melalui Program Akselerasi Manajemen Mutu Sekolah (PAMMS) bagaimana mempercepat pembangunan mutu dan manjemen di satuan pendidikan, formal dan informal, di dalam pelaksanaannya bagaimana meningkatkan peran pengawas, juga sinergitas guru, kepala sekolah dan pengawas.

"Kita optimalisasi pengawas dan penilik, materi yang diberikan yaitu akselerasi peningkatan, mutu dan manajemen sekolah, yang didalamnya termasuk kurikulum, jangan sampai guru lebih tahu dibanding pembinanya, makanya ini di-review oleh LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan), bagaimana melakukan akselerasi ini," kata Agus.

Jadi, meski periodesasi kepala sekolah ditentukan selama 4 tahun, tidak menutup kemungkinan 1 tahun saja bisa kembali menjadi guru lagi berdasarkan penilaian dinas pendidikan. Pada kegiatan optimalisasi ini juga dipaparkan, bagaimana mengetahui kemampuan diri seorang tenaga pendidik.

"Kita menilai kinerja dan manajemen juga sikap kepala sekolah, agar figur kepala sekolah bisa menjadi teladan, memang ini berat dilakukan, tetapi ini upaya Disdikpora Karawang kedepan," jelas Agus.

Sementara itu, pemateri dari LPMP Provinsi Jawa Barat, Drs. Samsudin M.Si menjelaskan, pengawasnya harus berubah, karena pengawas adalah teladan kepala sekolah dan guru, jangan jadi pengawas yang tidak diharapkan sekolah.

"Pengawas harus memiliki kualitas, ini suatu penilaian bagi guru, karena pendidikan adalah nomor satu untuk mengubah negara," ungkapnya.

Acara ini dihadiri pengawas SD, SMP dan penilik, juga kepala UPTD PAUD/SD se-Kabupaten Kabupaten. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -