PNFI Karawang Terus Genjot Kualitas PAUD

KARAWANG, KarawangNews.com – "Kita bangga memotivasi, membenahi dan memperbaiki PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang ada di Kabupaten Karawang,  untuk meningkatkan kualitas pendidikan maupun kelembagaannya," kata Kabid PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal) Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, Amid Mulyana SE, Jumat (6/12/2013) siang.

Hal ini sejalan dengan program Pemda Karawang dan Dinas Pendidikan yang selama ini memberikan bantuan untuk peningkatan kualitas di Kabupaten Karawang, setiap tahun pemerintah mengalokasikan dana untuk guru dan BOPF (Bantuan Operasional Pendidikan Formal) lembaga PAUD, juga sarana alat peraga luar, termasuk memberikan penghargaan kepada pengelola PAUD juga guru formal dan non formal.

Setiap tahun Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang melalui PNFI selalu memfasilitasi kegiatan yang selama ini sudah berjalan untuk menampilkan kreasi dan apresiasi berupa Gebyar PAUD tingkat kecamatan hingga kabupaten.

"Pada gebyar itu nanti dijadikan puncak acara apresiasi hasil karya pengelola PAUD yang bisa dilihat dan dirasakan masyarakat luas, karena di situ ditampilkan kreasi didik anak-anak PAUD," ucapnya.

Setelah PNFI mengetahui keberadaan PAUD Plamboyan III, PNFI merasa bangga di Kabupaten Karawang sudah ada PAUD percontohan yang di dalamnya sudah menggambarkan komprehensif PAUD ideal. Ini bisa dilihat dari sarana, penyediaan ruangan dan seluruh fasilitas yang sudah lengkap terpenuhi, makanya wajar Plamboyan III oleh kementrian ditunjuk sebagai PAUD percontohan.

Sedangkan untuk mengembangkan PAUD lain di Kabupaten Karawang, PNFI bertanggung jawab memberi bimbingan kepada guru-gurunya, secara bertahap PAUD akan diakrediatasi oleh lembaga akreditasi nasional, kalau belum diakreditasi berarti belum memenuhi standar dan ini memerlukan proses agar seluruh PAUD se-kabupaten memenuhi standar.

"Saya apresiasi dan memberi penghargaan kepada seluruh pengelola PAUD yang mau, peduli, menyediakan dan menyelenggarakan pendidikan usia dini di Kabupaten Karawang. Memang, jika hanya mengandalkan PAUD yang didirikan Pemkab Karawang tidak akan bisa memenuhi seluruhnya, karena PAUD milik Pemkab hanya empat dari ratusan paud swasta yang ada se-kabupaten," jelasnya.

PNFI juga apresiasi kepada masyarakat yang mendaftarkan anaknya ke PAUD dan hingga saat ini jumlah PAUD terus bertambah, untuk PAUD formal sebanyak 135, sedangkan yang non formal sebanyak 800-an, jumlah it uterus berkembang berdasarkan rekap terbaru. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -