Deddy Mizwar: Perusahaan Pencemar Citarum Akan Ditindak

KARAWANG, KarawangNews.com - Perusahaan yang terbukti mencemari Sungai Citarum dengan membuang limbah cairnya ke sungai akan ditindak tegas. Begitu kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Kamis (14/11/2013) saat mengikuti acara penanaman pohon mangrove yang digelar PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar.

Dikatakannya, pembenahan Sungai Citarum yang mengalir melintasi 10 kabupaten/kota di Jawa Barat tidak hanya dilakukan dengan normalisasi, sebab di beberapa titik sepanjang aliran sungai itu memancarkan bau yang tidak sedap. Hal itu terjadi akibat tercemar berbagai jenis limbah.

"Dari hulu ke hilir, kondisi Sungai Citarum sudah rusak, sehingga tidak keliru jika sungai tersebut mendapat predikat sungai terkotor di dunia," ungkapnya.

Menurut dia, kondisi Sungai Citarum menjadi semakin parah seperti saat ini, karena sebelumnya perbaikan serta normalisasi dilakukan secara parsial, pemerintah daerah, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citarum termasuk Perhutani hanya melakukan perbaikan dan normalisasi sendiri-sendiri. Proses perbaikan sungai itu dilakukan masing-masing instansi tersebut tanpa koordinasi maksimal.

"Jika perbaikan sungai tersebut dilakukan secara bersama, maka pembenahan Sungai Citarum bisa lebih berhasil," kata Deddy Mizwar. (spn/*)
Bagikan berita ini :
Comments
2 Comments

+ komentar + 2 komentar

Anonim
28 November 2013 06.55

Setuju pa

28 November 2013 06.56

Setuju pa

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -