Lupa Budaya Bisa Menghilangkan Karakter Bangsa

RENGASDENGKLOK, KarawangNews.com - Melepaskan nilai budaya daerah ibarat kata menghilangkan karakter bangsa, karenanya jangan heran kalau masyarakat hari ini ada yang seolah asing dengan budayanya sendiri.

Demikian disampaikan Budayawan Karawang Haji Herman di Desa Dukuh Karya, Kecamatan Rengasdengklok Karawang. Putra asli daerah lumbung padi ini menyampaikan penting memiliki dan menjaga jati diri bangsa oleh setiap individu bagi eksistensi nilai-nilai kearifan dalam era kekinian.

Sebab, masyarakat yang tak memiliki karakter atau ciri khas niscaya sulit untuk menumbuh kembangkan berbagai potensi yang ada, termasuk pula dari aspek budaya.

"Maka dari itu, menciptakan stimulan kearah pelestarian budaya ini harus secara kolektif dibangun seluruh unsur masyarakat," jelas H. Herman.

Dijelaskan H. Herman, perlunya melestarikan budaya tersebut dikarenakan budaya tak sebatas sebuah nilai seni semata, melainkan menyeluruh sebagai kesatuan yang utuh yang muncul dan menjadi bagian dari lingkup sosial masyarakat itu sendiri.

"Seni itu justru bagian dari budaya. Jadi jangan salah kaprah tentang pewarisan budaya ini. Sebab, budaya itu mencakupi semua hal dalam aspek kehidupan ini," ungkapnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -