Olahraga Tradisional Kabupaten Karawang Digelar 19 Oktober

Permainan Enggrang.                       Foto: net
KARAWANG, KarawangNews.com - 19 Oktober 2013 Bidang Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Karawang akan menggelar Invitasi Olahraga Tradisional Pelajar Tingkat SD (Sekolah Dasar). Pesertanya sebanyak 570 anak dari 30 kecamatan se-kabupaten, mereka akan unjuk kebolehan pada olahraga ini di Stadion Singaperbangsa.

Dijelaskan Koordinator Pelaksanaan Invitasi Olahraga Tradional Tingkat Kabupaten juga guru olahraga SMPN 1 Karawang Barat, Mimin Suherman Mpd, Jumat (27/9/2013) siang, ada 11 nomor olahraga tradisional yang disahkan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), tetapi untuk tingkat SD hanya 4 nomor olahraga yang dipertandingkan, diantaranya untuk putra yaitu Dagongan dan Enggrang, sedangkan untuk putri Tampah Panjang dan Hadang.

Sebelum berlomba di tingkat kabupaten, semua kecamatan yang akan mengirimkan sedikitnya 19 atlet itu telah melakukan seleksi, ada juga kecamatan yang menunjuk langsung sekolah, karena sekolah tersebut dianggap memiliki atlet dengan skill dan prestasi di bidang yang akan dilombakan.

"Tahun 2011 Indramayu terbaik hingga tingkat nasional, tetapi tahun 2012 Karawang juaranya," kata Mimin.

Tahun sebelumnya, olahraga tradisional ini hanya dilaksanakan di tingkat Provinsi Jawa Barat, bahkan hanya bersifat festival dan tidak dipertandingkan. Mulai tahun 2011, olahraga tradisional ini sudah mulai dipertandingkan di semua kabupaten se-Jawa Barat, termasuk Karawang, setelah disahkan Kemenpora.

Di tempat sama, Kabid Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Karawang, Rahmat Gunadi menyatakan, invitasi olahraga tradisional tingkat kabupaten ini untuk menyaring atlet yang akan dikirim ke event serupa tingkat Provinsi Jawa Barat pertengahan Nopember 2013 mendatang. Setelah mendapat juara umum tahun 2012 lalu, Karawang berupaya mempertahankan juara tersebut tahun 2013 ini.

"Kemarin kita juara umum tingkat Jawa Barat dan untuk mempertahankan juara itu sangat berat. Jadi, dari invitasi olahraga tradisional tingkat kabupaten ini diharap kita punya atlet terbaik untuk kembali berprestasi di tingkat provinsi," kata Gunadi. (spn)




Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -