UMKM di Karawang Terus Tumbuh

Tito Indaryono (kiri) bersama H. Anwar Musadad (kanan).
KARAWANG, KarawangNews.com - Sesuai dengan perumbuhan ekonomi, jumlah unit usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kabupaten Karawang terus meningkat, pertumbuhan ini tak hanya disengaja oleh pelaku usaha, tetapi memang sudah menjadi kebutuhan ekonomi masyarakat saat ini, karena tingkat pertumbuhan industri dan serapan tenaga kerja tidak sesuai, makanya tumbuh UMKM atau usaha sektor non formal.

Demikian dijelaskan Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, H. Anwar Musadad, di sela acara pameran UMKM HUT KKoperasi ke-66, Sabtu (31/8/2013) di Lapang Karangpawitan. Setiap tahun tumbuh unit usaha baru, mereka adalah pelaku usaha baru yang berusaha meningkatkan ekonomi keluarga di tengah himpitan dan mahalnya kebutuhan pokok kini.

"Kita telah melatih beberapa unit usaha UMKM baru hingga mereka terampil, kita pun terus mengawasi sejauh mana usaha mereka berkembang, kita memfasilitasi dari pembuatan, kemasan hingga pemasaran," kata Anwar.

Di tempat sama, seorang pengrajin makanan keripik singkong, Tito Indaryono (53), warga Rawa Mas Indah, Desa Jomin Barat, Kota Baru mengungkapkan, ekonomi keluarganya melemah setelah dia di PHK (Putus Hubungan Kerja) dari tempat kerjanya tahun 2007, terlebih hasil kerjanya selama 15 tahun itu semakin habis.

Sekitar tiga bulan lalu, Tito berusaha mengembangkan usaha keripik singkong dengan binaa dinas koperasi dan alhasil ekonomi keluarganya mulai bangkit. Untuk lebih variasi dan laku, makanan cemilan buatannya ini dibuat dengan beberapa rasa. Per hari, usahanya ini mampu memproduksi sekitar 2 kwintal keripik singong perhari, kemudian dipasarkan di rest area jalan tol dan pasar termasuk pesanan dengan membuka layanan telepon 081519374758.

"Setelah di PHK saya bingung, kemudian saya mencoba membuka usaha. Saya membuat keripik ini karena singkong adalah cemilan yang banyak digemari," ungkapnya. (spn)
Bagikan berita ini :

Poskan Komentar