Pilkada Subang, 60% Didominasi Pemilih Pemula

SUBANG, KarawangNews.com - Jumlah pemilih pemula pada Pilkada Subang tahun 2913 ini diprediksi sebanyak 60%, usia pemilih pemula itu berumur 17 hingga 20 tahun. Untuk pemilih dari kaum difabel di Subang, khususnya kaum tunanetra yang terdata di Subang, KPU telah menyediakan braile di setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) juga TPS bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kabupaten Subang.

Menurut Pokja Sosialisasi Pilbup Subang, Maman Suparman, jika mayoritas pemilih di Kabupaten Subang berasal dari kalangan usia muda, maka dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1. 149. 929 jiwa itu persentase pemilih pemulanya mencapai 60%.

"Kita tidak bisa memberikan rincian pasti mengenai jumlah pemilih pemula, karena KPUD tidak melakukan pendataan secara terperinci." Kata Maman Suparman, Selasa (27/8/2013).

Dia menjelaskan, persentase pemilih pemula saat ini tidak akan jauh berbeda pada pilkada sebelumnya. Dia menilai mayoritas pemilih berasal dari kalangan pemula, karena dari kebanyakan jumlah penduduk merupakan usia muda.

"Calon pemilih tahun ini kebanyak dari usia muda," ucapnya.

Sementara itu, jumlah hak pilih di Lapas itu mencapai sekitar 400 orang.  KPU sudah menyediakan TPS khusus di Lapas, untuk menjamin hak pilih setiap warga Subang pada pelaksanaan Pilkada mendatang. (tinjau)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -