Paskibraka Dikukuhkan Jelang Pengibaran Bendera 17 Agustus

KARAWANG, KarawangNews.com - Jumat (16/8/2013) siang, menjelang proses pengibaran bendera Merah Putih yang akan dilaksanakan pada Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-68 Tahun 2013 pada 17 Agustus, sebanyak 50 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Karawang dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan oleh Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana bertempat di Plaza Pemda Karawang.

Suasana haru turut mewarnai prosesi pengukuhan para generasi muda terpilih Karawang tersebut. Terlebih ketika masing-masing anggota Paskibraka secara bergantian mencium Bendera Merah Putih sebagai simbol kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara, bahkan beberapa diantara anggota Paskibraka tersebut beruraikan air mata dalam prosesi yang turut disaksikan oleh Bupati Ade Swara, Dandim 0604 dan Kapolres Karawang.

Wakil Bupati Cellica Nurrachadiana mengatakan, mereka yang dikukuhkan pada hari ini adalah para pemuda dan pemudi terpilih dari sekian banyak pelajar di Kabupaten Karawang.

“Mereka tentunya merasa bangga, karena mendapatkan kehormatan dan kepercayaan yang begitu tinggi pada hari bersejarah ini,” ujarnya.

Untuk itu, dia mengharapkan kepada anggota Paskibraka agar menjaga kepercayaan dan kehormatan ini, melalui pelaksanaan tugas dengan baik dan benar, karena tidak semua pemuda dan pemudi Kabupaten Karawang mendapat kesempatan yang mulia ini.

“Selain itu, pengukuhan ini tentunya akan menjadi tonggak penting untuk melangkah ke depan dalam mempersiapkan diri menjadi putra-putri terbaik bangsa,” tuturnya.

Wakil Bupati juga menambahkan, Indonesia ini adalah negara yang besar. Untuk itu hanya di tangan orang-orang yang cerdas, bersemangat dan berdedikasi tinggi, yang dapat membawa perjalanan bangsa ini menuju masa depan yang lebih baik, aman, damai dan rakyatnya yang sejahtera lahir-batin.

Para pendahulu bangsa ini telah meletakan pilar-pilar kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat untuk menjadi penopang sumber bagi pembangunan dan kemajuan bangsa melalui pemahaman falsafah, ideologi dan dasar negara Indonesia.

“Semua ini harus kita hidupkan dan kita aktualisasikan kembali dalam mengelola kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat menuju hari esok yang lebih baik dari hari ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang, Drs. H. Agus Supriatman, M.Pd, menjelaskan, sebelum dikukuhkan para anggota Paskibraka tersebut telah mengikuti pemusatan latihan yang berlangsung tanggal 29 Juli – 18 Agustus 2013. Sebanyak 50 anggota paskibraka tersebut merupakan siswa-siswi terpilih dari 29 SMA/SMK se-Kabupaten Karawang.

Dalam pemusatan latihan tersebut, mereka dibimbing oleh 37 orang panitia, serta 7 orang pelatih militer. Para pelatih militer tersebut berasal dari Kodim 0604/Karawang sebanyak 2 orang, Batalyon 305/Karawang sebanyak 2 orang, Polisi Wanita sebanyak 2 orang, Polres Karawang sebanyak 1 orang dan Pelatih Bintal sebanyak 1 orang. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -