Ibu-ibu Pengajian di Cilebar Budidayakan Ikan Lele Jenis Baru

KARAWANG, KarawangNews.com - Kelompok Usaha Perempuan Budidaya Lele Al Ikhlas, Kecamatan Cilebar berhasil membudidayakan ikan lele masamo dengan jenis ikan lele lokal Sangkuriang, alhasil budidaya ini mampu memproduksi 8 kwintal per 50 hari. Kelompok usaha ini akan terus mengembangkan budidaya ikan lele untuk memenuhi kebutuhan warung-warung pecel lele di Karawang.

Dijelaskan Ketua Kelompok Budidaya Nurkaromah Cilebar, H. Muhasah, Selasa (27/8/2013) di acara Gelar Teknologi Tepat Guna Ke-3 Provinsi Jawa Barat di Lapang Karang Pawitan, Karawang Barat, Budidaya Nurkaromah telah membina ibu-ibu pengajian Al Ikhlas dan sudah mengembangkan budidaya ikan lele selama tiga tahun.

"Kita memproduksi ikan lele hasil silang lele pejantan Masamo dengan jenis ikan lele betina Sangkuriang, hasil silang ini belum kita beri nama, karena ini produksi kita dan belum ada yang melakukannya di Karawang ini," kata H. Muhasah.

Diakuinya, iklan lele hasil silang ini dagingnya tebal dan tulangnya tidak lengket setelah digoreng, pakannya selama ini hanya menggunakan pelet yang proteinnya sesuai dengan kebutuhan ikan.

Kata H. Muhasah, kelompoknya meminta pemerintah daerah supaya membantu agar penghasilan ikan ini bisa meningkat. Tak hanya itu, kelompoknya pun siap membantu teknik ini bagi masyarakat atau pembudidaya ikan lele yang memerlukan bantuan budidaya seperti ini.

"Di Karawang ada sekitar 700 pedagang kaki lima yang menjual pecel lele, tiap warungnya membutuhkan sekitar 5-7 kg per malam, kita pun masih keteter melayani pesanan, karena kita hanya per 50 hari panennya dengan hasil sekitar 4 ton. Harga jual dari kita Rp 12-13 ribu/kg, itu tidak termasuk harga antar," jelasnya.

Bagi pemesan ikan lele hasil produksinya, H. Muhasah membuka layanan telepon di 0858 1128 2221. Selain melayani pembeli, dia juga siap memberikan konsultasi budidaya ikan lele bagi masyarakat yang ingin mengembangkan usaha di bidang perikanan ini. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -