Hari Jadi Koperasi ke-66 Dekopinda Gelar Jalan Santai

KARAWANG, KarawangNews.com - Di Hari Jadi Koperasi ke-66, Dekopinda (Dewan Koperasi Daerah) Kabupaten Karawang menggelar jalan santai start dari Lapang Karangpawitan menuju bundaran mall dan kembali finish di tempat start, Sabtu (31/8/2013). Sebanyak 1.200 peserta mengikuti acara ini, mereka adalah KPRI (Koperasi Guru Republik Indonesia) se-kabupaten, koperasi karyawan dan pelajar SMA.

Ketua Dekopinda Karawang, H. Warman SE, menjelaskan, Dekopinda adalah lembaga gerakan koperasi yang ada di Indonesia, karena gerakan koperasi ini sesuai dengan amanat undang-undang. Dekopinda lahir pada 21 Juli 1974 yang semula bernama SOKRI (Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia), hasil putusan hari jadi Koperasi ini berdasar kongres koperasi hari itu.

Selain itu, kongres yang dilaksanakan di Tasikmalaya ini memutuskan, tanggal 21 Juli dijadikan hari koperasi, kemudian di setiap desa harus ada koperasi dan Bung Hatta diangkat menjadi Bapak Koperasi Indonesia.

Ketua Dekopinda yang juga Ketua Komisi A DPRD Karawang ini menjelaskan, Dekopinda satu-satunya lembaga gerakan koperasi yang ada di Indonesia sesuai amanat undang-undang dan Hari Jadi Koperasi ini rutin dilakukan setiap tahun, bahkan acara ini tidak hanya dilakukan Dekopinda, tetapi kerjasama dengan Dinas Koperasi Kabupaten Karawang.

Hari Jadi Koperasi dilaksananakan akhir Agustus ini, karena pada 21 Juli kemarin bertepatan dengan bulan puasa, sehingga waktunya tidak memungkinkan untuk memeriahkan Hari Jadi Koperasi di Karawang.

Sementara itu, peserta gerak jalan ini mendapat suvenir undian dengan hadiah utama yakni satu sepeda motor. Pada kaos peserta terpasang foto H. Warman, mengingat Ketua Dekopinda Karawang ini telah dinobatkan Bapak Koperasi Karawang oleh Presiden RI SBY tahun 2011 lalu. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -