41 Imigran Gelap Asal Iran Tertangkap di Subang

foto: net.
SUBANG, KarawangNews.com - Tim gabungan dari Polda Jabar dan Polres Subang kembali mengamankan puluhan imigran dari Iran di kawasan perairan pantai utara, tepatnya di daerah Blanakan. Sebanyak 41 imigran itu diketahui akan menuju Australia melalui Banten.

Imigran tersebut, 28 orang laki-laki dan 13 orang perempuan, usia imigran yang paling muda yaitu 10 tahun, mereka diamankan Polres Subang. Seperti dijelaskan Kanit Patroli Polisi Air Polda Jabar, Aiptu Supardi, penangkapan imigran tersebut bermula saat dua kapal milik nelayan Blanakan yang mengangkut imigran berlayar menuju tengah laut.

"Menurut pengakuan nelayan, mereka akan dibawa ketengah laut dan disana sudah menunggu kapal Pajar Asih yang sudah menunggu," ungkapnya.

Saat ini ke 41 imigran gelap itu berada di Mapolres Subang untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Untuk selanjutnya Polres Subang nantinya kita akan berkoordinasi dengan pihak imigrasi Jawa Barat.

Diketahui, imigran gelap yang berhasil diamankan itu akan menuju Australia untuk mengajukan swaka kewarganegaraan. Seperti pengakuan seorang imigran, Mariam, negaranya sedang berkecamuk konflik yang bisa mengancam jiwa mereka, maka mereka nekad meninggalkan negaranya untuk mencari swaka di negara Australia.

"Kita sudah bayar sebesar 500 sampai 800 dolar per orang kepada salah satu agen di Jakarta, yang akan  membawa kita ke Australia. Kita tidak tahu apa-apa, pokonya kita sudah bayar, kita juga tidak tahu kenapa harus ada di daerah sini, saya tahu orang Indonesia itu baik-baik, tapi tujuan kami Australia," kata Mariam.

Polres Subang, AKBP. Chiko Ardwiatto yang saat itu meninjau sejumlah imigran yang diamankan mengatakan, untuk mengamankan wilayah rawan yang dijadikan tempat berlabuh para imigran tersebut, maka pihaknya akan menambah sekitar 60 personil satuan pungsi (Sapung). Selain itu, Polres Subang juga akan memintai keterangan kepada beberapa nelayan lokal yang terlibat. (tinjau)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -