Home » , » Sebulan Jelang Ramadhan, Harga Sembako Merangkak Naik

Sebulan Jelang Ramadhan, Harga Sembako Merangkak Naik

SUBANG, KarawangNews.com - Harga kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Subang menjelang bulan Ramadhan mulai merangkak naik, kenaikan rata-rata terjadi di angka 12% untuk masing-masing kebutuhan memasak tersebut

Pantauan di Pasar Panjang Jalan Sutaatmaja, kenaikan harga bahan pokok bervariasi, seperti harga telur yang sebelumnya hanya berkisar Rp16 ribu/kg kini sudah mencapai Rp18 ribu/kg. Kemudian harga cabe rawit yang sebelumnya hanya berkisar Rp 28 ribu/kg menjadi Rp 32 ribu/kg.

"Harga mulai pada naik, seperti biasanya kalau mau menjelang bulan Ramadhan harga komoditi seperti bahan pokok mulai naik perlahan," kata Een, (46) warga Kelurahan Sukamelang, Jumat (7/6/2013).

Selain harga bahan pokok yang mengalami kenaikan, jengkol pun sudah seminggu ini mengalami kenaikan dari harga Rp 22 ribu/kg  menjadi Rp 50 ribu/kg. Dia mendapatkan pasokan dari Pasar Caringin, Bandung sekitar 1 kwintal, tetapi sekarang hanya mendspatkan 13 kilogram.

"Saya tidak tahu penyebab kenaikan harga tersebut yang pasti pasokan jengkol berkurang, mungkin karena BBM mau naik jadi jengkol ikut naik juga," tuturnya.

Kabid Pengolahan Harga Pasar, Dinas industri dan Perdagangan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Subang, Bambang Priyatno mengungkapkan, kenaikan harga sembako selain dipicu menjelang Ramadhan wacana kenaikan harga BBM pun memberi kontibusi melambungnya harga sembako di pasaran.

"Kenaikan bahan pokok bisa disebabkan karena rencana kenaikan BBM oleh pemerintah pusat, kenaikan BBM yang belum jelas bisa memicu kegelisahan para pedagang akibatnya harga mulai merangkak naik," jelasnya.

Untuk menekan efek dari kenaikan harga menjelang bulan Ramadhan, kata Bambang, pihaknya akan mengadakan subsidi bahan pokok di sejumlah titik seperti Kecamatan Cijambe, Serangpanjang, Cikaum, Pagaden Barat dan Cibogo. (tinjau)
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KarawangNews - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger