PDI Perjuangan Sambut Bulan Bung Karno Juni 2013

KARAWANG, KarawangNews.com - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945, 112 tahun hari lahirnya dan 43 tahun wafatnya Bung Karno, Sang Penggali Pancasila, DPP PDI Perjuangan mengirimkan buku panduan singkat kepada DPD, DPC, PAC, ranting dan anak ranting untuk dapat dipergunakan sebagai acuan di dalam melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno Juni 2013.

Seperti diungkapkan Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Slamet Djayusman, Jumat (24/5/2013) siang, panduan ini disampaikan Sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, bentuk-bentuk kegiatan peringatan dimaksud dilakukan sesuai dengan kondisi dan karakteristik daerahnya masing-masing serta seluruh kegiatan tersebut disesuaikan dengan kemampuan daerah dengan dana gotong-royong seluruh pengurus dan kader partai.

DPP PDI Perjuangan mengintruksikan beberapa hal yang wajib dilaksanakan oleh struktur partai dari DPD sampai dengan anak ranting diantaranya mengagendakan bulan Juni 2013 sebagai Bulan Bung Karno, di mana selama bulan tersebut partai menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan ketokohan Bung Karno dan nilai-nilai yang diperjuangkan.

Sebelum memasuki bulan Juni 2013, agar memasang spanduk atau baliho Bulan Bung Karno dengan logo PDI Perjuangan dan nomor urut partai yaitu nomor 4 dengan foto Bung Karno serta foto Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dengan kalimat Bulan Bung Karno Juni 2013, tema Bulan Bung Karno Juni 2013 'Pancasila Jiwa Bangsa' dan sub tema 'Memperkokoh 4 Pilar Kebangsaan Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia'.

Spanduk dan baliho tersebut dipasang di kantor partai dan tempat-tempat strategis di ibu kota kabupaten/kota dan kecamatan. DPD dan DPC partai dapat mengintruksikan bakal calon anggota legislatif sementara dari PDI Perjuangan pada Pemilu 2014, baik DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten/kota untuk memasang spanduk di setiap kecamatan, desa dan kelurahan di daerah pemilihannya masing-masing, serta dapat mencantumkan foto diri dengan ketentuan spanduk tersebut.

Kegiatan wajib yang harus dilakukan DPD dan DPC adalah upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2013, kemudian doa bersama atau renungan suci pada malam wafatnya Bung Karno di kantor partai dengan mengundang seluruh struktur, simpatisan, anggota partai dan tokoh-tokoh senior partai.

Melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan dan berziarah ke pendiri atau senior partai, khusus DPD dan DPC PDI Perjuangan se-Provinsi Jawa Timur ziarah bersama dipusatkan di Makam Bung Karno di Kota Blitar. Daerah dapat mengajukan ke DPP partai atau panitia pelaksana nasional peringatan Bulan Bung Karno 2013, apabila satu kota di tiap-tiap provinsi memungkinkan untuk dilaksanakannya pameran foto Bung Karno.

Kegiatan lain pada prinsipnya sebagaimana panduan kegiatan Bulan Bung Karno Juni 2013 dapat dikembangkan sesua dengan kemampuan dan kreatifitas di masing-masing daerah. Seluruh rangkaian itu dilaporkan secara tertulis kepada DPP partai. Menegaskan kegiatan ini lebih diorientasikan sebagai kegiatan ideologis untuk lebih menghadirkan wajah, gagasan dan tindakan Bung Karno di mata rakyat Indonesia pada umumnya dan bukan hanya bagi warga PDI Perjuangan. (spn)
Bagikan berita ini :

Poskan Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Copyright © 2014. KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
Proudly IISIP Jakarta