Korban Longsor PT. Freeport Asal Subang Dimakamkan

SUBANG, KarawangNews.com - Korban tewas akibat tertimbun longsoran PT. Freeport di Mimika, Papua asal Kabupaten Subang, Aan Nugraha, dipulangkan dan tiba di rumah duka, Kamis (16/5/2013) pukul 14.30 WIB. Kedatangan jenazah korban disambut isak tangis keluarga, korban dimakamkan di pemakaman umum setempat.

Korban bernama Aan Nugraha Bin Fuji ini satu diantara para korban yang tertimpa terowongan ambruk PT. Freeport yang sudah ditemukan. Keluarga korban yang tak kuasa menahan kesedihan langsung memeluk peti jenazah beberapa saat setelah tiba di rumahnya di Perumahan Purwadadi Indah, Blok B, No. 8, RT 26, RW 25, Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang. Korban langsung dimakamkan di Pemakaman Umum Batu Tulis.

Keterangan orang tua korban, Fuji, anaknya ini sedang menjalani training bersama sejumlah rekannya yang lain tambang terbesar di Indonesia tersebut. Namun, tambang bawah tanah ‘big gossan’ PT. Freeport itu longsor dan menimbun sedikitnya 41 pekerja pada Selasa (14/5/2013) lalu sekitar pukul 08.15 WIT.

“Saat itu, Aan sedang mengikuti kelas latihan keselamatan kerja,” ucapnya sedih, menceritakan komunikasi terakhir dengan anaknya sebelum musibah terjadi.

Diketahui, semua korban reruntuhan yang terkubur merupakan warga negara Indonesia. Saat kejadian, mereka sedang mengikuti training untuk Divisi underground di ruang kelas berukuran 5×11 meter itu.

Sementara itu, PT Freeport Indonesia saat ini menghentikan sementara kegiatan operasi tambang bawah tanah. Hal ini untuk memudahkan upaya evakuasi dan penyelamatan terhadap karyawan yang masih tertimbun di dalam bangunan dan mengevakuasi karyawan yang sedang bekerja di tambang bawah tanah ke lokasi kerja yang aman.

Selain itu Freeport juga melakukan perawatan medis untuk karyawan yang mengalami cedera di Rumah Sakit Tembagapura dan menerjunkan tim tanggap darurat dari internal PT Freeport Indonesia serta memastikan ventilasi di lokasi kejadian masih dapat berfungsi dengan baik. (aw/net)

Share this article :

Poskan Komentar

 
Home | Redaksi | Iklan | Tentang
KarawangNews | Jawa Barat - Indonesia | X7C | Web Developer
Copyright © 2013. Seluruh hak cipta dilindungi Undang-undang HAKI - Mengutip sebagian atau mengambil seluruh naskah dan foto tanpa ijin redaksi dianggap plagiat.
Design Sepetak ICT