Warga Kutawaluya Keluhkan Biaya Akte Lahir Mahal

KUTAWALUYA, KarawangNews.com - Kades Sindang Karya, Kecamatan Kutawaluya  H. Acep meminta kepada Ketua DPC PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) H. Jazs (Jimmy Ahmad Zamakhsyari) agar pengurusan akte kelahiran jangan mahal, boleh diminta biaya tetapi jangan mahal hingga Rp 1 juta, Itu dia diungkapkan pada acara 'ngadu bako' H. Jazs di Kampung Balong Jaya desa tersebut, Sabtu (13/4/2013) malam.

Kata H. Acep, mahalnya biaya pengurusan untuk membuat akte kelahiran tersebut membuat sejumah anak di desanya belum memiliki akte kelahiran, karena boro-boro merogoh Rp 1 juta, untuk kebutuhan hidup sehari-hari saja sulit.

"Puluhan warga di desa ini keberatan membuat akte kelahiran, karena warga di sini penghasilannya minim, untuk makan saja sulit," ucapnya.

Hal senada diungkapkan warga setempat, Hendar (26), bapak satu anak ini sempat mengalami kesulitan mengeluarkan Rp 1 juta untuk membayar pembuatan akte lahir anaknya. Tak hanya dia, puluhan warga di kampung ini menyatakan hal serupa, hingga kini mereka tidak bisa membuatkan akte kelahiran yang dijadikan syarat masuk sekolah.

Menanggapi hal itu, H. Jazs akan mengundang Disdukcatpil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kabupaten Karawang untuk hearing di DPRD, agar persoalan masyarakat tersebut bisa diselesaikan. (spn)

Share this article :

Poskan Komentar

 
Home | Redaksi | Iklan | Tentang
KarawangNews | Jawa Barat - Indonesia | X7C | Web Developer
Copyright © 2013. Seluruh hak cipta dilindungi Undang-undang HAKI - Mengutip sebagian atau mengambil seluruh naskah dan foto tanpa ijin redaksi dianggap plagiat.
Design Sepetak ICT