Sebanyak 40 PKBM di Karawang Ikut UNPK Tahun 2013

KARAWANG, KarawangNews.com - Dari 70 PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) se-Kabupaten Karawang, tercatat hanya 40 PKBM yang mendaftarkan siswanya ikut UNPK (Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan) Paket A, B dan C tahun 20130. Setiap tahun, jumlah PKBM di Karawang fluktuatif, karena jika salah satu PKBM hanya memiliki satu hingga empat murid, biasanya dilimpahkan ke PKBM lain.

Hal itu dijelaskan Kabid PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal) Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, Amid Mulyana, Jumat (19/4/2013) siang. Kata dia, bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tetapi mengalami kesulitan karena berbagai faktor dan tidak bisa mengikuti pendidikan formal, diharap bisa mendaftarkan diri ke PKBM terdekat sesuai jenjang yang diikuti.

Dijelaskan Amid, pendidikan kesetaraan juga sama dengan sekolah formal, hanya pembelajarannya saja yang berbeda, kedepan PKBM akan disamakan seperti pendidikan formal. Sedangkan, yang usianya produktif pembelajaran dilakukan seperti reguler, bagi yang sudah bekerja dan rumah tangga dilaksanakan non reguler, yaitu pembelajarannya dipadatkan hanya hari Sabtu dan Minggu.

"Sekecil apapun lulusan Paket C dapat memberikan kontribusi angka rata-rata lama sekolah di Karawang, secara otomatis memberikan kontribusi peningkatan IPM, meski setiap tahun naik tetapi tidak signifikan dan masih belum memuaskan," ungkapnya. (spn)

Share this article :

Poskan Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Copyright © 2014. KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
Proudly IISIP Jakarta