Caleg Perempuan Diistimewakan Pada Pileg 2014

KARAWANG, KarawangNews.com - Kaum perempuan disebut-sebut sangat diistimewakan pada Pileg (Pemilihan legislatif) tahun 2014 mendatang. Pasalnya, PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) No. 13 Tahun 2013 tentang persyaratan pendaftaran calon legislatif menyebutkan, 30% keterwaklian perempuan wajib dipenuhi.

Hal itu juga ditegaskan anggota KPU Kabupaten Karawang, Agus Riva'i saat melakukan sosialisasi pendaftaran calon legislatif di Sekretariat DPC Gerindra Kabupaten Karawang, Selasa (9/4/2013) di jalan Husni Hamid, Karawang Barat, dalam penempatan nomor urut calon legislatif perempuan tidak boleh ditempatkan diurutan terakhir.

Kata Agus, diantara nomor urut utama, salah satunya wajib diisi oleh Caleg perempuan. Jadi, kalau ada enam calon, perempuan tidak boleh ditempatkan diurutan ke lima dan enam.

Sudah tentu hal itu menjadi keistimewaan bagi caleg perempuan pada Pileg 2014 mendatang, karena salah satu syarat saja tidak terpenuhi, maka dipastikan semua daftar calon pada Dapil (Daerah pemilihan) tersebut akan dicoret.

"Kedua syarat itu harus dipenuhi, karena jika tidak, maka semua daftar calon pada Dapil tersebut akan dicoret," katanya.

Ada pun siasat yang ditawarkan Agus ketika keterwakilan 30% perempuan tidak terpenuhi, yakni dengan mengurangi jumlah calon dari laki-laki. Dia mencontohkan, kalau calonnya tujuh, kemudian perempuan ada hanya ada dua, tinggal dikurangi saja jumlah calonnya jadi enam.

Sekretaris DPC Gerindra Kabupaten Karawang, H. Endang Sodikin mengatakan, pada Pileg 2014 mendatang Gerindra memiliki 20 orang Bacaleg perempuan dan tidak kekurangan Bacaleg dari kaum Hawa tersebut.

Sebanyak 20 orang itu terdiri dari Dapil 1 sebanyak 5 orang, Dapil 2 sebanyak 2 orang, Dapil 3 sebanyak 3 orang, Dapil 4 sebanyak 3 orang, Dapil 5 sebanyak 4 orang dan Dapil 6 sebanyak 3 orang.
Sementara itu, Bacaleg Dapil 5, Lucia Kusali AMD menyatakan, dia mencalonkan di Partai Gerindra karena melihat sosok Prabowo Subianto yang konsen memperhatikan petani dan nelayan.

"Pencalonan saya ini, juga untuk mensukseskan Prabowo menjadi presiden tahun 2014," ucapnya. (spn/z)
Share this article :

Poskan Komentar

 
Home | Redaksi | Iklan | Tentang | Warga Menulis
KarawangNews | Jawa Barat - Indonesia | X7C | Web Developer
Copyright © 2013. Seluruh hak cipta dilindungi Undang-undang HAKI - Mengutip sebagian atau mengambil seluruh naskah dan foto tanpa ijin redaksi dianggap plagiat.
Design ApoedCyber and Odang ICT