Bupati Acungkan Jempol SMPN 3 Karawang Barat Terapkan Absen Elektrik

KARAWANG, KarawangNews.com - Sebagai salah satu upaya mendukung kemajuan urusan kepemerintahan khususnya di bidang pendidikan Bupati Karawang H. Ade Swara membuka In House Training di SMPN 3 Karawang Barat, Senin (18/3/2013), acara tersebut merupakan implementasi penilaian guru dan pengenalan kurikulum 2013 yang baru dan dipadukan dengan sosialiasi penggunaan absensi elektrik di internal SMPN 3 Karawang Barat.

Pada kesempatan itu hadir juga Ketua TP PKK Hj Nurlatifah Ade Swara dan kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Agus Supriatman, M.Pd serta orang tua wali murid. Pada kesempatan bicara, bupati sangat apresiasi penerapan teknologi absensi elektrik di lingkungan sekolah termasuk memasang kamera CCTV di berbagai koridor sekolah tersebut.

"Terobosan ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan sekolah, ini tentunya harus dijadikan sebagai contoh, supaya pendidikan di Karawang dapat terus melakukan berbagai terobosan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Karawang," ungkapnya.

Selanjutnya, mengenai penilaian guru, bupati menyatakan, pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, guna memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah, sekaligus membantu pengembangan karir guru sebagai tenaga profesional.

"Atas dasar itu maka proses penilaian kinerja guru mutlak harus dilakukan terhadap guru di semua satuan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat. Guru yang dimaksud tidak terbatas pada guru yang bekerja di satuan pendidikan di bawah kewenangan Kementerian Pendidikan, tetapi juga mencakup guru yang bekerja di satuan pendidikan di lingkungan Kementerian Agama,"
ungkapnya.

Kepala SMPN 3 Karawang Barat, H. Herman mengatakan, sejak awal acara ini diagendakan untuk internal, tetapi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga merekomendasikan supaya acara ini mengundang seluruh kepala sekolah se-kabupaten termasuk mengundang bupati.

"Alhamdulilah hari ini bupati berkenan hadir ke SMPN 3 Karawang Barat. Absensi elektrik ini adalah upaya meminimalisir siswa yang nakal dan tidak disiplin waktu. SMP ini dengan disponsori oleh RS. CITO yang kebetulan dokternya ada yang alumni dari sekolah ini, dia menerapkan absensi elektrik bagi sekolah," ungkapnyha.

Jadi para siswa saat masuk sekolah men-scan sidik jari sebagai laporan daftar hadir, kemudian absensi itu otomatis terkirim pula ke nomor  handphone orang tua siswa masing masing, yang telat dan apalagi tidak masuk akan ada laporan kepada orang tua. Sedangkan CCTV untuk antisipasi siswa yang kabur saat jam pelajaran sekolah.  (ki/rls)
Share this article :

Poskan Komentar

 
Home | Redaksi | Iklan | Tentang | Warga Menulis
KarawangNews | Jawa Barat - Indonesia | X7C | Web Developer
Copyright © 2013. Seluruh hak cipta dilindungi Undang-undang HAKI - Mengutip sebagian atau mengambil seluruh naskah dan foto tanpa ijin redaksi dianggap plagiat.
Design ApoedCyber and Odang ICT