Menteri Pendidikan Edarkan Persiapan Implementasi Kurikulum Tahun 2013

KARAWANG, KarawangNews.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhammaf Nuh menyebarkan surat edaran mengenai persiapan implementasi kurikulum tahun 2013 ke bupati dan walikota se-Indonesia. Berdasar surat yang diterima Disdikopra (Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga) Kabupaten Karawang disebutkan, pelaksanaan kurikulum tahun 2013 ini akan diberlakukan untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Surat menteri yang diterima 8 Februari 2013 ini menegaskan, pada jenjang SD akan dilaksanakan kurikulum tahun 2013 untuk kelas 1 dan kelas 4 mencakup 30 persen atau 44,6 ribu sekolah dar 148,7 ribu sekolah. Anggaran untuk pengadaan dan pendistrubusian buku peserta didik, buku pegangan guru dan dokumen kurikulum akan disediakan melalui DIPA Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013.

Kemudian pada jenjang SMP atau kelas 7 dan SMA serta SMK kelas 10 akan mencakup semua sekolah. Anggaran untuk pengadaan dan pendistribusian buku akan disediakan melalui dua sumber, yaitu DIPA Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013 dan DAK (Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan Tahun 2013.

Bagi kabupaten dan kota yang sudah menetapkan APBD, agar dipastikan alokasi DAK termasuk untu7k penyediaan buku referensi perpustakaan berupa buku peserta didik dan panduan guru. Apabila dalam APBD yang telah ditetapkan termasuk penyediaan buku referensi perpustakaan berupa buku peserta didik dan panduan guru, maka segera dilakukan perubahan.

Lalu, bagi kabupaten dan kota yang belum menetapkann APBD, agar mengalokasikan DAK itu untuk penyediaan buku referensi perpustakaan berupa buku peserta didik dan panduan guru. Sedangkan kabupaten dan kota penerima DAK bidang pendidikan tahun 2013 segera melakukan pelelangan buku referensi perpustakaan berupa buku peserta didik dan panduan guru, spesifikasi buku akan ditetapkan dalam Permendikbud.

Selain itu, bagi kabupaten dan kota yang belum membentuk ULP (Unit Layanan Pengadaan), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memohon LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) provinsi dapat memfasilitasi pengadaan bagi kabupaten dan kota tersebut. Selanjutnya, surat menteri nomor 021/MPK/KR/2013 ini menyebutkan, kabupaten dan kota agar memastikan buku kurikulum tahun 2013 sudah sampai di setiap sekolah satu minggu sebelum tahun pelajaran baru 2013-2014 dimulai. (spn)
Share this article :

Poskan Komentar

 
Home | Redaksi | Iklan | Tentang
KarawangNews | Jawa Barat - Indonesia | X7C | Web Developer
Copyright © 2013. Seluruh hak cipta dilindungi Undang-undang HAKI - Mengutip sebagian atau mengambil seluruh naskah dan foto tanpa ijin redaksi dianggap plagiat.
Design Sepetak ICT