Karawang Siap Implementasikan Kurikulum Tahun 2013

KARAWANG, KarawangNews.com - Disdikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga) Kabupaten Karawang siap mengimplementasikan kurikulum tahun 2013, selanjutnya tinggal menunggu juklak dan juknis kurikulum tersebut.

"Kita sudah siap seluruhnya, kurikulum ini akan dilaksanakan untuk siswa baru, kecuali kelas 2 dan 3 SD yang masih tahap transisi," kata Kepala Disdikpora Karawang, Drs. Agus Supriatman, Senin (25/2/2013) siang.

Diakuinya, Karawang sudah siap sesuai yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh. Jadi, kurikulum tahun 2013 sekarang, pemerintah pusat dan daerah harus menyediakan buku pelajaran bagi guru dan siswa.

"Pengembangan kurikulum ini kedepan akan menghasilkan siswa yang produktif, afektif dan terintegrasi," paparnya.

Pada kurikulum baru ini, di SD ada penggabungan dari 10 mata pelajaran menjadi 6, juga ada perubahan jam pelajaran. Sedangkan di SMP ada penggabungan mata pelajaran dari 12 menjadi 10 mata pelajaran, termasuk ada penambahan hingga 6 jam selama seminggu.

Mensikapi permasalah pendidikan selama ini, Agus memaparkan, permasalahan pendidikan memang cukup kompleks, tetapi yang paling krusial ada empat permasalahan, yakni infrastruktur, pendidik dan tenaga kependidikan, manajeman dan biaya sekolah yang mahal.

"Tahun 2012 kita sudah menyelesaikan 2.066 lokal yang diolah dari berbagai sumber dana APBN, APBD I dan APBD II, karena pada tahun 2010-2011 perbaikan itu tidak dilakukan pemerintah. Jadi, infrastruktur sekolah terjawab dan akan tuntas tahun 2013," jelasnya.

Selain itu, biaya mahal pendidikan sudah dijawab dengan BOPF (Biaya Operasional Perawatan Fasilitas) Dikdasmen PNFI (Pendidikan Non Formal dan Informal) yang sudah dianggarkan hingga Rp 83 miliar. (spn)

Bagikan berita ini :

Poskan Komentar