Dishub Karawang Gelar Lokakarya IT Bagi OPD

KARAWANG, KarawangNews.com - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang menggelar lokakarya yang bertajuk 'Optimalisasi Teknologi Informasi untuk Organisasi Perangkat Daerah' di Aula Rumah Makan Indo Alam Sari, Senin (25/2/2013), lokakarya ini di buka Asisten Administrasi Drs.Teddy Rusfendi. Kegiatan ini merupakan langkah nyata kedepan rencana untuk memperbaiki jaringan terpadu antara OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di Kabupaten Karawang, sebagai wadah forum dengan mengoptimalkan teknologi informasi untuk menunjang e-government.

Dijelaskan Teddy, khusus dalam lingkup kepemerintahan, penerapan teknologi informasi dan telekomunikasi diwujudkan dalam konsep e-government, ini bertujuan untuk mewujudkan praktek pemerintahan secara lebih efisien dan efektif, pelayanan yang lebih terjangkau dan memperluas akses publik untuk memperoleh informasi, sehingga dengan sendirinya akuntabilitas pemerintah akan semakin meningkat.

"Seluruh lembaga-lembaga pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya secara mudah dapat setiap saat memanfaatkan informasi dan layanan pemerintah secara optimal," ucapnya.

 Penerapan e-government dalam prakteknya belum sepenuhnya dipahami sebagai media untuk menjembatani komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat maupun stake holder lainnya. Untuk itu dia mendukung sepenuhnya kegiatan ini dan diharap dapat pemahaman penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pemerintahan daerah guna memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Karawang, Rochuyun A. Santosa mengatakan, dasar hukum diselenggarakan lokakarya ini yaitu UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi publik, kemudian teknologi Informasi sebagai sarana komunikasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan proses pembangunan di pemerintahan, cepatnya penyebaran data dan Informasi sangat mempengaruhi performa dari suatu pemerintahan dengan Teknologi Informasi, bisa mendorong kulaitas SDM di pemerintahan khususnya bagi dua orang wakil para Eselon IV dan stafnya operator komputer  yang menjadi peserta Lokakarya ini.

Kedepan, kata Rochuyun, akan digelar lokakarya untuk eselon III dan II juga para kepala bidang termasuk kepala OPD, tujuan utama bisa samakan persepsi tentang e-government dari segala, juga memudahkan dalam berkomunikasi antara para pengambil keputusan kebijakan Bupati Karawang dengan para OPD. (rls)

Bagikan berita ini :

Poskan Komentar