Kampung Toge Disapu Banjir Sungai Cikarang Gelam, 4 Rumah Hancur


KARAWANG, KarawangNews.com – Sedikitnya 4 rumah hancur dan puluhan rumah lainnya di Kampung Toge, Desa Cikampek  Selatan, Kecamatan Cikampek rusak akibat diterjang banjir Sungai Cikarang Gelam yang meluap, Jumat (18/1/2013) pukul 09.00 WIB, banjir bah ini datang tiba-tiba menerjang pemukiman dengan ketinggian air sedada orang dewasa.

Dijelaskan sejumlah warga yang bermukim di pinggiran sungai tersebut, luapan air sungai mulai naik ke teras rumah mereka mulai pukul 06.00 WIB, ketinggian air semata kaki itu dianggap warga hanya banjir biasa, tetapi pukul 09.00 WIB, tiba-tiba air Sungai Cikarang Gelam naik tinggi. Mendadak seluruh warga di kampung itu panik dan berusaha mengeluarkan harta benda dari rumah mereka, mengingat luapan sungai itu diiringi derasnya air yang menerjang pemukiman.

Meski begitu, warga tetap berusaha masuk ke dalam rumah mereka di tengah derasnya arus banjir, mereka berusaha menyelamatkan harta benda, tetapi tak sedikit benda yang terbawa arus, seperti lemari, pakaian dan perabotan rumah tangga, bahkan ada yang kehilangan beras sebanyak empat karung, termasuk sejumlah ternak ayam milik warga hilang terbawa arus.

Seorang pemilik rumah yang hancur diterjang banjir, Ita (37) menjelaskan, seluruh harta bendanya hilang diterjang banjir, beruntung TV dan surat berharga yang disimpan diatas lemari tak hanyut dibawa banjir. Air menerjang dan menjebol rumahya dari dinding kiri dan keluar dari dinding kanan, lantai pun terkelupas dan semua perabotannya raib.

Tak jauh dari situ, hal serupa dialami rumah bilik Boin (62), padi yang siap gilingnya sebanyak tiga karung termasuk satu karung urea hanyut terbawa arus, setelah banjir menjebol dapurnya hingga bolong. Setelah banjir surut sekitar pukul 14.00 WIB, kebingungan masih tampak di raut wajah bapak tua ini, karena stok berasnya sebanyak tiga karung itu sengaja disimpan untuk persediaan makan keluarga selama satu-dua bulan ke depan.

Tak hanya itu, banjir pun menyebabkan tepian sungai tergerus dan tanahnya amblas, sehingga bibir sungai semakin dekat dengan rumah warga, banjir pun memutuskan jalan lingkungan setempat dan yang jelas bajir ini menyisakan kerugian yang besar bagi masyarakat pinggiran tersebut. (spn)

Keterangan foto: Rumah warga di Kampung Toge, Cikampek Selatan yang hancur diterjang banjir bah Sungai Cikaram Gelam.

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews - Berdiri Sejak Tahun 2008
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -