Panwascam Karawang Dilantik Persiapan Pilgub Jabar

KARAWANG, KarawangNews.com - Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2013 mendatang secara resmi dilantik, Sabtu (1/9/2012) di Aula Husni Hamid Pemda Karawang. Pelantikan disaksikan Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Karawang, H. Endang Soemantri, SH, yang mewakili Bupati Karawang, H. Ade Swara.

Pada pelantikan tersebut, Bupati Ade Swara dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Endang Soemantri mengatakan, dalam waktu dekat ini Jawa Barat akan menyelenggarakan kembali Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Hal ini tentunya merupakan tugas bagi kita semua, seluruh warga Jawa Barat untuk dapat mensukseskannya.

"Terlebih bagi saudara yang saat ini dilantik sebagai anggota panwaslu kecamatan. Penunjukkan saudara sebagai anggota panwaslu kecamatan merupakan salah satu pihak yang dibebankan dengan tugas berat untuk mengawasi tahapan-tahapan pemilihan," ujarnya.

Namun demikian, lanjut Bupati, tugas tersebut adalah amanah dan kepercayaan yang harus diemban oleh seluruh anggota panwaslu kecamatan sebagai pengabdian.

"Untuk itu, anggota panwaslu kecamatan harus mampu bersikap proaktif dalam pelaksanaan pengawasan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan datang, sehingga semua dapat berjalan dengan baik dan aman," pesannya.

Bupati melanjutkan, tugas Panwaslu Kecamatan, antara lain melapor ke Panwaslu Kabupaten adanya dugaan tindakan yang mengakibatkan terganggunya tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan serta menyampaikan temuan-temuan dan laporan kepada Panwaslu Kabupaten berkaitan dengan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang mengakibatkan terganggunya pelaksanaan pilkada di setiap kecamatan masing-masing.

Selain itu, ujar bupati, anggota Panwaslu Kecamatan juga harus selalu berkoordinasi dengan instansi terkait serta melakukan kerja sama. Terutama dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban selama pilkada berlangsung. Selain itu, dalam setiap pelaksanaan tugasnya, anggota panwascam berkewajiban bersikap tidak diskriminatif.

Selanjutnya, kepada angota Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik, bupati juga mengingatkan mereka untuk menjaga kepercayaan ini, karena jabatan ini merupakan amanah yang harus diemban dengan baik. Untuk itu, seluruh anggota Panwaslu Kecamatan diharapkan mampu menguasai tugas pokok dan fungsi serta kewenangannya dan paham terhadap tahapan pemilukada.

Selain itu, diharapkan dalam pelaksanaannya nanti  harus bisa menjaga proses pemilu sehingga dapat berjalan dengan jurdil, aman, damai, terkendali dan tanpa adanya permasalahan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Karawang, Asep Saepudin Mukhsin menjelaskan, sangat penting bagi para anggota Panwaslu Kecamatan untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, hal ini karena apabila tugas tersebut tidak dilaksanakan, maka dapat terjadi berbagai pelanggaran dalam pelaksanaan pemilihan.

"Pemilu sendiri merupakan pilar dalam kehidupan demokrasi, yang merupakan akumulasi dari kehendak rakyat untuk memilih pemimpinnya, Dengan demikian peran dan fungsi Panwaslu Kecamatan sangat menentukan," ujarnya.

Di sisi lain, anggota Panwaslu Provinsi Jawa Barat, Deddy Fainduani yang turut menghadiri pelantikan tersebut mengingatkan, hal pertama yang harus dilakukan oleh para anggota Panwaslu Kecamatan adalah melepas atribut pribadi, partai maupun golongan yang sebelumnya telah melekat di diri masing-masing.

"Hal ini karena setelah dilantik, anggota Panwaslu Kecamatan tidak bertugas untuk kepentingan pribadi maupun golongan tertentu, melainkan untuk kepentingan umum," imbuhnya. (rls)

 

Bagikan berita ini :

Poskan Komentar