Home » , » DPR RI Desak Pemkab Karawang Bentuk Perusda

DPR RI Desak Pemkab Karawang Bentuk Perusda

KARAWANG, KarawangNews.com - Anggota Komisi 6 DPR RI, DR. Mardani Ali-Sera mendesak Pemkab Karawang untuk membuat Perusahaan Daerah (Perusda) supaya bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mampu menambah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Kata dia, selama ini Sumber Daya Alam (SDA) minyak dan gas yang ada di Karawang tak bisa dinikmati masyarakat Karawang, karena ekploitasi minyak dan gas itu hanya menjadi keuntungan Pertamina dan pihak asing.

"Perusda harus dibuat, karena selama ini minyak dan gas di Karawang sudah diekplorasi Pertamina, sehingga hasilnya selalu ditarik ke atas (pemerintah pusat, red). Jika ada Perusda, daerah berhak ikut dan dapat jatah sekitar 10 persen atau sesuai kesepakatan, jadi ketika Karawang akan mendapat keuntungan hasil bagi, antara Pemda, Pertamina dan perusahaan asing," jelasnya, kepada wartawan, Minggu (16/9/2012) siang usai acara temu Kader PKS di Alam Kreasi Karawang.

Anggota DPR RI Dapil Bekasi, Karawang dan Purwakarta ini menyatakan, Pemda ada dua jenis, ada yang aktif dan tidak aktif. Bagi Pemda yang tidak aktif hanya mengandalkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pajak reklame, tetapi bagi Pemda yang aktif akan memanfaatkan SDA yang ada dengan ikut mendirikan Perusda. Jadi, APBD tidak lagi harus di-droping dari APBN. Untuk itu, penting bagi Pemda Karawang untuk menciptakan Perusda dengan menjadi Pemda yang aktif.

"Kalau Pemda yang pintar maka dia akan punya Perusda dan tidak hanya mengandalkan kucuran APBD provinsi maupun APBN. Untuk itu, Perusda harus segera dibuatkan, karena Pemda akan mempunyai tangan besar untuk mengelola SDA yang ada di daerahnya. Dan SDA yang dilibatkan Perusda adalah yang berkaitan dengan masyarakat," katanya. (spn)
Share this article :

Poskan Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Copyright © 2014. KarawangNews - Mengambil naskah dan foto tanpa ijin redaksi dianggap plagiat!
Template Created by Tan Erizawa Published by ApoedCyber
Proudly powered by Blogger