Pemkab Anggarkan Rp 5,6 M Untuk PJU Jalur Mudik

KARAWANG, KarawangNews.com - Untuk kenyamanan mudik lebaran tahun 2012, Pemkab Karawang mengucurkan anggaran sebesar Rp 5,6 miliyar untuk Penerangan Jalan Umum (PJU). Sebanyak 400 titik PJU ini dibangun awal Juli 2012 di sepanjang jalur mudik Karawang menuju Pantura. Dari jumlah tersebut, sebanyak 130 titik dipasang di sepanjang jalan Johar, Telagasari, Wadas hingga Cikalong.
 
Kasi Pertamanan dan Pemakaman Dinas Cipta Karya Karawang, Novi Gunawan mengatakan, selain 130 titik tersebut, sebanyak 60 titik PJU lainnya dipasang di Karawang Kota, Cikampek dan Jatisari, sisanya akan disebar ke beberapa jalan antar kecamatan yang dianggap gelap.
 
"Pemkab mengalokasikan pemasangan PJU ini untuk kenyamanan pemudik pada Lebaran Idul Fitri nanti, terutama bagi pemudik yang menggunakan roda dua," jelas Novi di ruang kerjanya.

Pertimbangan pemasangan tiang PJU baru di beberapa kecamatan juga didasari pengajuan dari pemerintah kecamatan, selain untuk kenyamanan masyarakat setempat, juga berguna bagi pemudik untuk menghindari kecelakaan lalu lintas di malam hari. "Minimal akan menekan angka kecelakaan pada mudik lebaran di jalur Karawang," ucapnya.
Dia merinci, anggaran PJU sebesar Rp 5,4 miliyar itu akan digunakan pada posting pembangunan Rp 3,1 miliyar, pemeliharaan Rp 1 miliyar dan meterisasi Rp 1,3 miliyar. "Kita sengaja anggaran PJU diperuntukan jalur mudik, supaya pemudik dari arah Jakarta menuju Cirebon nyaman," katanya. (fir)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Poskan Komentar