PT. HPMI Resmi Berdiri di Kawasan Surya Cipta

KARAWANG - Kabupaten Karawang masih menjadi daerah tujuan investasi yang menarik bagi perusahaan-perusahaan asing, khususnya dari negara matahari terbit. Jumat (9/3/2012) Bupati Karawang, H. Ade Swara bersama dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori meresmikan pabrik PT. Hitachi Powdered Metals Indonesia (HPMI) yang berlokasi Kawasan Industri Surya Cipta, Karawang.

Pabrik yang memiliki luas bangunan mencapai 3.800 meter persegi tersebut berdiri di atas areal lahan seluas 40.000 meter persegi. Pabrik tersebut dilengkapi oleh mesin- mesin berteknologi baru dan canggih, yang akan sangat memudahkan proses produksi dan pengolahan serbuk logam (powdered metal) menjadi berbagai komponen elektronik dan otomotif. PT. HPMI sendiri merupakan salah satu bagian dari 51 perusahaan yang dimiliki Hitachi Chemical, Ltd yang berpusat di Jepang.

Pada kesempatan pidato, Ade Swara mengatakan, peresmian pabrik baru PT. HPMI ini menandai bertambahnya investasi yang ditanamkan sekaligus menjadi bagian dari pembangunan industri di Kabupaten Karawang. "Dengan semakin banyaknya investasi yang ditanamkan di Kab. Karawang, diharapkan dapat memperkokoh keterkaitan yang kuat serta saling mendukung antara sektor pertanian yang tangguh dengan sektor industri yang maju," ujarnya.

Namun demikian, lanjut Bupati, dirinya tidak dapat memungkiri pelaksanaan berbagai proses pembangunan khususnya dalam sektor industri di sisi lain telah menimbulkan ekses yang kurang menguntungkan khususnya bagi kelestarian lingkungan hidup. "Dalam hal ini masih terdapat perusahaan yang tidak memperhatikan dampak negatif dari pengelolaan limbah yang tidak sesuai dengan ketentuan," jelasnya.

Untuk itu, bupati berharap agar manajemen perusahaan yang berada di wilayah Karawang, termasuk PT. HPMI dapat memperhatikan serta mengelola limbah dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Dia yakin dan percaya, bahwa jajaran manajemen PT. Hitachi Powdered Metals Indonesia akan mampu memenuhi harapan tersebut dengan senantiasa peduli terhadap aspek kelestarian lingkungan hidup dalam setiap aktivitas bisnisnya.

Selain itu, bupati juga meminta agar dalam hal perekrutan tenaga kerja, PT. HPMI dapat lebih memprioritaskan warga Karawang khususnya yang berdomisili disekitar lokasi pabrik, tentunya disesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan sehingga keberadaan PT. HPMI dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Karawang. Perusahaan ini juga diminta melakukan berbagai kegiatan lainnya yang menyangkut pemberdayaan masyarakat melalui pelaksanaan program CSR (Corporate Social Responsibility) atau kewajiban sosial perusahaan.

Di sisi lain, Bupati mengatakan, untuk meningkatkan pertumbuhan investasi, Pemkab Karawang telah membentuk Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT). Pembentukan badan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat maupun pihak swasta yang berminat menanamkan investasi maupun memerlukan berbagai perizinan secara lebih praktis, optimal, transfaran, cepat serta tepat waktu. Hal itu juga bertujuan sebagai antisipasi perkembangan Kabupaten Karawang sebagai daerah tujuan investasi berskala internasional dengan kawasan industri terluas se-Asia Tenggara.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori mengatakan, dia sangat bangga bisa menghadiri prosesi peresmian ini, karena kegiatan ini menunjukkan terciptanya hubungan yang baik antara Indonesia dan Jepang, khususnya di bidang ekonomi. Keberadaan PT. HPMI sendiri diharapkan dapat memberikan peran penting bagi pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, karena komponen yang sebelumnya harus diimpor, telah dapat diproduksi secara lokal.

Sedangkan President and CEO Hitachi Chemical, Ltd, Kazuyuki Tanaka mengatakan, PT. HPMI mulai didirikan oleh Hitachi Chemical sejak tahun 2010, dan mulai dapat beroperasi secara penuh pada awal Januari tahun 2012. PT. HPMI sendiri ditargetkan untuk meraih 40 persen produk powdered metal di Indonesia, khususnya untuk komponen roda dua dan roda empat, karena selama ini produk-produk tersebut harus dipenuhi melalui impor dari Thailand maupun Singapura.

President Director PT. HPMI, Kunio Maki mengatakan ke depan PT. HPMI akan memposisikan dirinya dalam memproduksi komponen di empat bidang yaitu teknologi informasi, Energi, Life Science, dan otomotif. Produk utama saat ini adalah komponen otomotif seperti batteries, disc brake pad, serta berbagai komponen otomotif lainnya yang berbahan dasar powdered metal maupun resin, dengan sejumlah customer utama diantaranya adalah Daihatsu, Suzuki, Honda, Yamaha, Musashi dan FCC. (**)

Share this article :

Poskan Komentar

 
Home | Redaksi | Iklan | Tentang
KarawangNews | Jawa Barat - Indonesia | X7C | Web Developer
Copyright © 2013. Seluruh hak cipta dilindungi Undang-undang HAKI - Mengutip sebagian atau mengambil seluruh naskah dan foto tanpa ijin redaksi dianggap plagiat.
Design Sepetak ICT