Desa Walahar Diprediksi Juara PKK Jabar

KARAWANG - Desa Walahar, Kecamatan Klari Kabupaten Karawang kembali menunjukkan keunggulannya dihadapan para anggota tim Rechecking Perlombaan Desa Terbaik Pelaksana 10 Program PKK Tingkat Provinsi Jawa Barat, Jumat (30/3/2012). Kedatangan tim dipimpin oleh Hj. Neti M. Jamhur tersebut disambut secara meriah oleh warga dan aparat Desa Walahar, seluruh elemen tim Penggerak PKK Tingkat Desa dan Kabupaten, serta sejumlah pejabat daerah.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Halaman Kantor Desa Walahar tersebut, Tim Penggerak PKK Desa Walahar membangun sejumlah stand dan outlet yang digunakan untuk memamerkan sejumlah produk unggulan Desa Walahar. Produk-produk yang dipamerkan tersebut merupakan buah dari penerapan 10 program PKK oleh masyarakat sekitar desa.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karawang, Hj. Nurlatifah Ade Swara, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Hj. Eli Iman Sumantri, Desa Walahar sangat layak untuk menjadi wakil Provinsi Jawa Barat, karena terdapat sejumlah poin penting yang dapat dibanggakan. “Salah satunya adalah tingginya semangat kegotong-royongan dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan 10 program PKK tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut Hj. Nurlatifah menyampaikan bahwa keberhasilan tersebut juga didorong oleh adanya kerjasama yang baik antara Pemerintahan Desa dan lembaga kemasyarakatan dalam program-program pembangunan di sekitar desa. “Sehingga memberikan imbas yang sangat positif terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat di Desa Walahar secara keseluruhan,” jelasnya.

Menurut Hj. Nurlatifah, perwujudan keberdayaan dan kesejahteraan masyarakat, bukan hanya merupakan tugas pemerintah, akan tetapi perlu dukungan dari berbagai pihak, adapun salah satunya adalah dukungan dari kaum perempuan. Kedudukan kaum perempuan bukan hanya sebagai ibu rumah tangga atau pendamping suami saja. “Lebih dari itu, kaum perempuan dituntut untuk lebih berperan serta dan menjadi mitra kaum pria dalam berbagai kegiatan,” tuturnya.

Implementasi peranan tersebut, lanjut Hj. Nurlatifah dapat diwujudkan melalui kegiatan kaum ibu yang terhimpun dalam organisasi PKK. Menyadari hal ini, maka keberadaan PKK sebagai wadah persatuan dan sarana terwujudnya keluarga sejahtera, harus menjadi pelopor utama untuk bersama-sama meningkatkan kualitas hidup, khususnya dalam mempersiapkan keluarga masa depan yang lebih baik, serta berkemampuan untuk memanfaatkan berbagai peluang yang muncul dari proses pembangunan bahkan turut berperan aktif dalam pembangunan.

Hj. Nurlatifah mengatakan, salah satu pondasi kekuatan untuk mewujudkannya adalah peningkatan peran dan pemberdayaan perempuan, melalui perhatian terhadap tingkat kesehatan dan pendidikannya agar secara sosial dan ekonomi mampu mengembangkan ketahanan diri dan keluarga. Dalam pelaksanaannya, Tim Penggerak PKK Kabupaten Karawang telah membuka dan meningkatkan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga masyarakat, sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan, antara lain adalah pembinaan dan pelatihan mengenai pemanfaatan lahan pekarangan untuk pengadaan dan produksi bahan pangan setempat, pembinaan industri kerajinan rumah tangga, diversifikasi pangan dan pemanfaatan teknologi tepat guna, serta peningkatan fungsi dan peran UP2K PKK kearah pembentukan koperasi, sehingga dapat menjadi wadah usaha bersama dalam upaya menghimpun dana, serta meningkatkan tarap kesejahteraan anggota.

“Sehubungan dengan hal tersebut, kami menaruh harapan besar melalui momentum ini dapat lebih memotivasi dan mendorong kami untuk lebih meningkatkan peran, keberdayaan serta kinerja tim penggerak PKK di semua tingkatan di kabupaten karawang khususnya dalam akselerasi pelaksanaan 10 program pokok pkk demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” ucap Nurlatifah. (rls Humas Pemkab)
Share this article :

Poskan Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Copyright © 2014. KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
Proudly IISIP Jakarta