Ristek Gelar Lomba Laskar PBB ke-V

SMPN 1 Rengasdengklok unjuk kebolehan pada lomba PBB Ristek.


KUTAWALUYA, RAKA - Lomba Laskar PBB (Peraturan Baris Berbaris) Ristek ke-V kembali digelar Minggu (24/5) di halaman SMK Ristek. Acara ini diikuti 11 SMP/MTs se-wilayah utara Karawang. Lomba ini merupakan rutinitas tahunan untuk mengembangkan bakat dan potensi paskibra sekolah.

Ketua Panitia Lomba juga sebagai Pembina Paskibra SMK Ristek, Hendra AMP menjelaskan, dari 12 SMP/MTs itu terdiri 18 peserta, diantara sekolah tersebut ada yang mengirim hingga dua tim. Lomba ini khusus untuk diikuti oleh SMP/MTs di wilayah utara Karawang dan SMK Ristek tidak mengundang SMP/MTs dari wilayah kota, tujuannya yaitu untuk memajukan dan menghidupkan paskibra sekolah-sekolah di utara Karawang.

Juri yang akan menilai lomba ini dari Mabes TNI sebanyak tiga orang, masing-masing dari AD (Angkatan Darat), AL (Angkatan Laut) dan AU (Angkatan Udara) satu orang. Piala yang akan diperebutkan yaitu piala bergilir Yayasan Gema Cendikiawan. Nominasi pemenanganya sampai peringat ke sembilan sesuai kategori unggulan. "Pada lomba ini akan dinilai dengan jujur dan adil, tidak akan melebihkan dan mengurangi nilai peserta," ucapnya.

Pada lomba ini, panilaian ini sesuai kategori, diantaranya kategori kelompok utama terbaik juara 1, 2 dan juara 3. Selain itu, kategori kelompok madia terbaik, kelompok bina terbaik, danton terbaik, variasi formasi terbaik, kostum terbaik, penjuru terbaik, gerakan dasar terbaik, juara favorite dan juara umum.

Tahun lalu, piala PBB Ristek diboyong SMPN 4 Karawang. Juara runer up SMPN 1 Tirtajaya dan MTs Daarul Maarif sebagai juara ketiga. Peserta yang mengikuti Lomba Laskar PBB Ristek ke-4 lalu ini sebanyak 20 tim paskibra.

Sementara itu, Pembina Paskibra juga staf Tata Usaha SMK Ristek, Badru Tamam mengatakan, awal diadakan lomba paskibra ini karena Ristek ingin mengibarkan paskibra yang ada di wilayah utara. Dia melihat, beberapa tahun lalu yang sering muncul hanya paskibra SMPN 1 Rengasdengklok dan SMPN 1 Tirtajaya.

"Lomba ini untuk memajukan paskibra di wilayah utara karawang, Ristek sebagai motivator dan selanjutnya SMP/MTs masing-masing yang akan mengembangkan prestasi mereka, tapi memang saya melihat sekolah-sekolah sudah mengalami peningkatan. Dan di wilayah utara Karawang belum ada wadah Purna Paskibra, saya ingin di daerah ini ada wadah itu," ujarnya.

Kedua belas sekolah yang mengikuti lomba paskibra diantaranya, SMPN 2 Tirtajaya, SMPN 4 Karawang Barat, SMPN 1 Rengasdengklok, SMPN 3 Tirtajaya, SMPN 2 Rengasdengklok, SMPN 1 Tirtajaya, MTs Darul Ma'arif, SMPN 2 Kutawaluya, SMPN 1 Kutawaluya, SMPN 1 Cilebar, MTs Mathlaul Huda dan SMPN 1 Batujaya. (spn)
Share this article :

Poskan Komentar

 
Home | Redaksi | Iklan | Tentang | Warga Menulis
KarawangNews | Jawa Barat - Indonesia | X7C | Web Developer
Copyright © 2013. Seluruh hak cipta dilindungi Undang-undang HAKI - Mengutip sebagian atau mengambil seluruh naskah dan foto tanpa ijin redaksi dianggap plagiat.
Design ApoedCyber and Odang ICT